Menelisik Keindahan Telaga Warna Dieng

Pemandangan Telaga warna Dieng,Wonosobo Pemandangan Telaga warna Dieng,Wonosobo

Detaktangsel.com, Wonosobo - Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak panorama alam menajubkan, salah satunya adalah telaga warna. Telaga warna merupakan objek wisata alam pegunungan Dieng di Kabuaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Dengan keindahan alam yang dimiliki, telaga warna mampu menarik wisatawan untuk berlibur dan bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada.

Telaga ini memiliki satu keunikan tersendiri, yaitu warna telaga yang berubah-ubah. Suroso salah satu warga sekitar mengatakan, terkadang telaga berubah warna dari hijau menjadi kuning, atau sebaliknya. Bahkan berubah menjadi seperti pelangi, perubahan warna tersebut semakin indah jika cuaca cerah.

"Menurut informasi yang saya dapat, perubahan warna pada telaga tersebut terjadi karena kandungan sulfur yang cukup tinggi. Akibatnya, bila air terkena sinar matahari, akan dibiaskan menjadi warna-warna yang indah, dan telaga itu memiliki kedalaman sekitar 14 meter," jelas Suroso, Minggu (3/8).

Dengan pesona alam yang dimiliki, maka tak heran jika Telaga warna menjadi primadona kabupaten Wonosobo dan menjadi tujuan para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing. Bima (20) salah satu pengunjung mengatakan, objek wisata ini sangat cocok untuk mengisi liburan. Selain itu, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa masuk ke objek wisata ini.

"Disini kita dapat melepas penat setelah banyaknya aktifitas yang dilakukan, dan keindahan alam seperti ini tidak dapat kita jumpai di tempat lain," ungkapnya.

Disekitar telaga warna juga terdapat hamparan bukit-bukit hijau yang dimanfaatkan warga untuk bercocok tanam. Selain bukit, ada ada tiga buah gua yaitu, gua semar, gua sumur, dan gua jaran. Menurut penjelasan suroso ketiga gua tersebut digunakan oleh para pengunjung yang ingin bersemedi.

Rusdi yang juga wisatawan mengatakan, Keberadaan tiga gua tersebut menambah keindahan pesona alam telaga warna. "Setiap kali saya berkunjung ke Dieng, pasti saya selalu menyempatkan diri untuk datang ke salah satu gua yang ada di telaga warna untuk berdoa," paparnya. Meski sudah sering berkunjung ke telaga warna, Rusdi tidak merasa bosan. Karena, menurutnya ini adalah tempat yang cocok untuk bersantai.

Rusdi menambahkan, objek wisata telaga warna merupakan kebanggaan bagi Indonesia, terutama masyarakat Kabupaten Wonosobo sendiri. Maka kelestariannya perlu diperhatikan dan dijaga. "Pengelolaan terhadap objek wisata ini juga perlu ditingkatkan, agar menarik lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung," kata Rusdi.

« February 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top