Turab Jebol, Ratusan Rumah Di Pondok Aren Terendam Air

Warga saat menunjukan turab yang jebol di perumahan villa Bintaro Regency Warga saat menunjukan turab yang jebol di perumahan villa Bintaro Regency

detaktangsel.com PONDOK AREN--Warga RW 012 Perumahan Villa Bintaro Regency, Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (27/8) mendadak panik lantaran turab Kali Serua yang berfungsi sebagai penahan luapan air yang melintasi perumahan tersebut mendadak jebol dan ambruk.

Jebolnya turab sepanjang lima meter tersebut, lantaran tak kuat menahan debit air hujan yang mengguyur wilayah Tangsel dan sekitarnya. Akibatnya, 700 rumah yang ada di RT 01, 03 dan 04 perumahan tersebut terendam air setinggi 1-1,5 meter.

Kosasih (43) petugas keamanan perumahan Villa Bintaro Regency mengatakan, turab yang di bangun pada tahun 2007 silam tersebut jebol dan ambruk di duga karena termakan usia.

Turab Jebol Ratusan Rumah Di Pondok Aren Terendam Air 1

"Semennya aja kalau di pegang pada berantakan. Soalnya turab di bangun tahun 2007, makanya kalau kurang pengawasan bisa jebol lagi saat terjadi hujan deras," kata Kosasih, Minggu (28/8).

Banjir yang merendam perumahan warga, juga tak hanya terjadi di Perumahan Villa Bintaro Regency. Di sejumlah wilayah seperti di Kampung Bulak dan Pondok Maharta, Pondok Kacang Timur, puluhan rumah mengalami hal yang sama, terendam banjir. Apalagi, tiga titik turab di perumahan yang berada di daerah cekungan ini jebol lantaran tak mampu menahan debit air.

Tomi (25), warga RT 02/011 Pondok Maharta mengungkapkan, air merendam perumahan warga terjadi mulai pukul 18,00. Tak hanya perumahan warga, genangan air juga menggenangi jalan Setia Budi.

"Semalem sekitar pukul 20,00 air naik mencapai 1,5 meter. Kendaraan ngak ada yang berani melewati jalan setia budi. Karena pasti mendadak mati," kata Tomi di lokasi jebolnya turab kali Gede.

Meski begitu, ia bersyukur lantaran pemerintah daerah cepat tanggap dan memberikan bantuan.

"Tadi malam banyak banget orang-orang Pemda pada datang kesini bantu warga yang mau lewat dengan menggunakan perahu karet. Rata-rata dari dinas pekerjaan umum dan tim rescue dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD-red)," ungkapnya.

Kepala bidang Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel Ade Suprijal mengatakan pihaknya sudah bergerak untuk memperbaiki jebolnya turab Villa Bintaro Regency dan di Kampung Bulak.

"Kalau di perumahan Villa Bintaro Regency, pekerjaan bisa cepat dilakukan. Begitupun di kawasan kampung bulak, dinas sudah menerjunkan tim untuk segera melakukan perbaikan turab yang jebol," kata Ade kepada wartawan saat meninjau lokasi turab yang jebol, Minggu pagi (28/8).

Ditanya apakah perbaikan akan mengalami kendala lantaran saat ini cuaca dapat berubah dengan seketika, Ade menjelaskan hal tersebut tidak menjadi masalah. Sebab, mengenai cuaca tim di lapangan sudah terbiasa menyesuaikan.

"Kita tidak akan menunggu cuaca baik. Penanganan akan langsung di lakukan karena tim sudah biasa menyesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Tangsel Uci Sanusi Saat mengetahui turab yang di aliri kali Serua jebol dan mengakibatkan banjir mengaku langsung bergerak ke lokasi untuk membantu warga.

"Kami sudah berkoordinasi dengan DBMSDA Tangsel. Makanya kita tiru kan anggota ke lokasi," tutur Uci.

Tak hanya itu, BPBD Tangsel juga memberikan makanan siap saji dan air mineral kepada masyarakat yang terkena dampak banjir.

"Kita juga tetap standby di lokasi. Ini dilakukan untuk antisipasi adanya banjir susulan," pungkasnya.

Pantauan dilokasi tempat terjadinya banjir di sejumlah kawasan di Pondok Aren, aktivitas mulai berjalan seperti biasa. Nampak puing-puing batu kerikil maupun sampah yang memenuhi jalan yang tergenang air terutama di jalan Setia Budi terlihat mulai di bersihkan tim reaksi cepat bentukan DBMSDA Tangsel.

« April 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      

Cuaca

No cities match your search query

Go to top