Bantu Pasaran Produk IKM, Pemkot Tangsel Dan Telkom Bangun Kampung Digital Di Jurtim

detaktangsel.com PONDOK AREN--Untuk membantu para pelaku industri kecil dan menengah dalam mengenalkan dan memasarkan hasil produknya melalui jejaring internet, Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) bersama PT Telkom membangun Kampung Digital di wilayah Kelurahan Jurang Mangu Timur, Pondok Aren. Sebanyak 300 pelaku usaha kecil dan menengah yang ada di wilayah kelurahan tersebut tumpah ruah mengikuti acara yang dipusatkan di Kantor Kelurahan Jurang Mangu Timur, Senin (16/5/2016).

Ketua kelompok IKM Jurang Mangu Timur, Desy Mulianita mengatakan mayoritas pelaku usaha di wilayahnya selama ini fokus pada bidang Konveksi. Sehingga, dengan adanya kehadiran Kampung Digital akan memudahkan para pengusaha untuk memasarkan hasil produknya.

"Banyak produk berkualitas yang dihasilkan para pelaku industri di sini dan itu bisa bersaing. Cuma yang jadi kendala adalah pemasarannya," ungkapnya.

Pemasaran hasil produk yang di lakukan secara online, kata dia, diharapkan dapat terus berkembang dan meningkatkan pendapatannya.

"Kami harap pelaku usaha juga mampu memanfaatkannya dengan baik dan berkembang sesuai dengan perkembangan digital," ucapnya.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan peresmian Kampung digital yang ketiga di Kota Tangsel ini merupakan bentuk kerjasama yang konkrit antara Pemkot Tangsel dengan PT Telkom. Bang Ben, sapaan Benyamin Davnie menjelaskan, di era perkembangan digital yang semakin maju di berbagai bidang, mau takau pelaku usaha harus mengikut agar mampu bersaing dalam pemasaran dan pengembangan usaha yang digelutinya.

"Dengan pemasaran melalui digital, akan mampu meredam biaya pemasaran lainnya dan bisa dialihkan untuk biaya lainnya yang bermanfaat," ujarnya.

Kedepan, kata Bang Ben, Kampung Digital tidak hanya peresmian semata. Akan tetapi harus terus berlanjut dan berkembang merangkul seluruh UKM. Sebab, lanjut Bang Ben, di Kota Tangsel masih banyak ribuan pelaku usaha yang harus dikembangkan produknya melalui berbagai pembinaan yang bersipat berkelanjutan sehingga para pelaku UKM yang sebelumnya memasarkan dengan cara tradisional bisa beralih ke pemasaran yang lebih modern.

"Kami berharap pelaku lainnya juga bergabung, kampung digital ini juga harus terus dilakukan pembinaan," beber Bang Ben.

Deputi vice president PT Telkom, Ponco Suharwono mengatakan dengan adanya kampung digital di kawasan Jurang Mangu Timur, Pondok Aren ini nantinya akan membantu pelaku usaha yang biasa memasarkan produknya secara tradsional yang sipatnya hanya menunggu pembeli, kini dapat dipasarkan melalui cara yang lebih mudah yakni dengan cara online.

"Biasanya pelaku usaha seperti konveksi hanya menunggu pembeli yang belanja secara kodian. Namun dengan adanya kampung digital ini, pelaku usaha bisa memasarkan secara online," ujarnya.

Menurutnya kerjasama yang dilakukan PT Telkom dengan Pemkot Tangsel tak lain untuk memajukan UKM. Sebab ia meyakini kelompok usaha seperti itu sampai dengan tahun 2014 lalu mampu menyerap tenaga kerja sebesar 97,2 persen.

"Berdasarkan itu maka Telkom memandang perlu memperkuat UKM dengan dukungan teknologi digital," tandasnya.

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Cuaca

No cities match your search query

Go to top