BLHD BERSAMA FORUM DAS PEDULI SITU/DANAU

detaktangsel.com– PONDOK AREN, Kepedulian Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan masyarakat peduli lingkungan terus berkiprah untuk mewujudkan tata kelola lingkungan yang asri. 

 

Melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) dan Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai dan Danau (Forum DAS) Kota Tangel beserta beberapa elemen masyarakat dan Manajemen Blue Bird Taksi pool Bintaro, secara bersama-sama melakukan upaya penataan Situ Parigi yang tampak sangat tidak terawat di Kecamatan Pondok Aren, Kamis (5/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Tangsel Hj Airin Rachmi Diany, Kepala BLHD Rahmat Salam, Ketua Forum DAS Tangsel Luki Widodo dan jajarannya, Camat Kecamatan Pondok Aren M Sahlan, Perwakilan Kodim 0506 Tangerang, tokoh peduli sungai Sanggarahan Vasran Vicky, relawan Ganespa, siswa Japanesse School, Sekolah Mentari Parigi, dan ibu-ibu warga di sekitar Situ Parigi, namun tanpa kehadiran Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kecamatan Pondok Aren dan Komandan Komando Rayon Militer 19 (Dankoramil)/Pondok Aren, karena sedang tugas lain di kesatuannya masing-masing, serta tanpa kehadiran dari Dinas Kebersihan Pertamanan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel.

Rahmat Salam dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama beberapa pihak yang tergerak untuk peduli dengan Situ Parigi. Menurutnya, kegiatan di Situ Parigi merupakan rangkainan kegiatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia. "Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pekan Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang sudah dimulai sejak tanggal 3 juni lalu," ungkap Rahmat Salam.

Dijelaskan Kepala BLHD, di dalam pekan HLH kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah penanaman pohon di sekitar jalur rel Kereta Api di kawasan Stasiun Serpong dan tanggal 4 Juni dilaksanakan Arung sungai Pesanggrahan, dan seminar pengelolaan Situ bersama Ganespa di Laguna Witanaharja.

"Ternyata di sepanjang bantran alur sungai Pesanggarahan ruang terbuka hijau sudah bertambah, dan kehidupan biota air pun terlihat ada, termasuk biawak dan linsang, dan saya mohon hewan-hewan itu jangan diganggu" imbuhnya.

Sementara itu, atas keberadaan sembilan (9) dan atau 13 Situ di Tangsel menurut Rahmat Salam, pengelolaannya akan dilakukan oleh masyarakat sekitar Situ. Dan, dalam kesempatan tersebut, Walikota Tangsel Hj Airin Racmi Diany menyerahkan satu (1) unit sepeda kepada warga untuk digunakan sepagai kendaraan operasional petugas jaga Situ Parigi, dan dilanjutkan dengan pemakaian jaket kerja kepada petugas tersebut.

Acara kerja bakti bersih lingkungan kawasan Situ Parigi dimulai dengan pentas lempar sambut pantun dan "pertarungan" buka palang pintu, serta pentas seni bela diri dari Perguruan Beksi Sanghyang Putih yang padepokannya berpusat di Pondok Aren.

« September 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Cuaca

No cities match your search query

Go to top