Cegah KLB Pasca Banjir, Puskesmas PKT Lakukan Penyuluhan ke Posyandu

detaktangsel.com - SERUT, Pasca banjir yang menerjang sejumlah wilayah di kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) beberapa waktu lalu, terutama yang terjadi diwilayah kelurahan Pondok Kacang Timur.

Seperti diperumahan Pondok Maharta, perumahan Pondok Kacang Prima serta komplek Sekretariat Negara di Pondok Kacang Barat, membuat Puskesmas kelurahan setempat harus kerja ekstra dalam memonitor perkembangan kesehatan warga di dua kelurahan tersebut. Salah satunya dengan mendatangi Posyandu-Posyandu yang tersebar di kelurahan Pondok Kacang Timur dan Pondok Kacang Barat.

Kepala unit pelaksana teknis (UPT) Puskesmas Pondok Kacang Timur, H. Salmun dilokasi Posyandu Wijaya Kusuma, perumahan Griya Pipit Bintaro, menjelaskan, tujuan  Puskesmas dengan melakukan sidak ke Posyandu-Posyandu diwilayah kelurahan Pondok Kacang Timur dan Kelurahan Pondok Kacang Barat adalah untuk mengetahui secara langsung kesehatan warga pasca banjir yang terjadi diwilayah kerja Puskesmas Pondok Kacang Timur.

"Pemeriksaan kesehatan kepada warga di Posyandu-Posyandu, tak lain untuk melihat secara langsung apa yang disampaikan oleh pengurus Posyandu yang ada di Pondok Kacang Timur dan Pondok Kacang Barat," ungkap Salmun usai melakukan pemeriksaan kesehatan warga di Posyandu Wijaya Kusuma, Perumahan Griya Pipit Bintaro, Sabtu (8/2).

Menurutnya, dari semua yang disampaikan oleh masing-masing pengurus Posyandu, pihaknya akan mengevaluasi langkah apa yang harus di prioritaskan terkait pelayanan Puskesmas kepada warga masyarakat.

"Hasil laporan dari pengurus Posyandu selanjutnya akan kita evaluasi, terutama mengenai penyakit yang timbul pada saat musim penghujan saat ini. Langkah paling tepat adalah memberikan penyuluhan kepada Posyandu dan warga setempat," paparnya.

Lebih dari itu, kata Salmun, pihaknya saat ini lebih fokus pada pelayanan kesehatan terhadap warga. Sebab menurutnya, wilayah Pondok Kacang Timur dan Pondok Kacang Barat menjadi langganan banjir jika musim hujan tiba. Sehingga, dikawatirkan akan berdampak terhadap kesehatan warga.

"Yang jelas kita fokus terhadap pelayanan kesehatan dulu, hal ini kita lakukan agar tidak terjadi kejadian luar biasa (KLB) yang ditimbulkan oleh wabah penyakit pasca banjir ini," ucapnya. (Red)

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Cuaca

No cities match your search query

Go to top