Print this page

Dinas Pariwisata Kembangkan Kesenian Betawi Tari Jalaprang

Tari Jalaprang Tari Jalaprang Hendra

Detaktangsel.com SERPONG-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pariwisata akan mengembangkan kesenian asli Betawi yakni Tari Jalaprang.

Kesenian Tari Jalaparang ini salahsatu kesenian asli Betawi yang belum banyak diketahui masyarakat. Tari yang mainkan enam penari ini hanya ada di Kota Tangsel.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel Djudianto mengatakan, pihaknya akan mendorong potensi kebudayaan Betawi yang ada di Kota Tangsel. Sebab ia menyakini jika masih banyak kebudayaan Betawi yang belum diangkat kepermukaan oleh para pegiat kesenian Betawi Kota Tangsel. "Kebudayaan asli Betawi yang selama ini belum muncul, kita dorong untuk muncul. Salah satunya tadi, tari Jalaprang. Ini terus akan kita kembangkan," kata Djudianto.

Tari Jalaprang mempunyai cerita tentang perjuangan masyarakat Betawi. Saat ini pengembangan kesenian tersebut, Dinas Pariwisata menggandeng sanggar tari di bawah naungan Lembaga Budaya Betawi (LBB). "Tari Jalaprang memang kesenian asli Betawi Tangsel," ucapnya.

Menurut mantan Sekretaris Pekerjaan Umum ini, Dinas Pariwisata dalam mengembangkan kebudayaan Betawi harus ada pementasan-pementasan dan penampilan budaya Betawi untuk dipertunjukkan diatas panggung. "Kita memberikan ruang sebanyak-banyaknya. Dinas Pariwisata memberikan panggung untuk pertunjukan budaya Betawi, silahkan digali sekecil apapun potensi yang ada di masyarakat. Kita bisa kembangkan untuk menjadi besar," tandasnya.