Print this page

Airin: Peringatan Hari Peduli Sampah Jangan Hanya Kegiatan Seremonial

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Ciputat. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Ciputat. Rizki

Detaktangsel.com CIPUTAT - Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany berharap dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tidak hanya kegiatan seremonial belaka.

Ini diungkapkannya saat bersih sampah di kolong fly Over Ciputat, Kecamatan Ciputat pada Selasa, (27/2/2018). Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi kegiatan seremonial saja, namun juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kebersihan lingkungan.

"Kebersihan dilakukan baik dari rumah, lingkungan, kelurahan, kecamatan hingga Tangsel. Kebersihan harus dilakukan dari rasa kepedulian kita terhadap lingkungan, jika kebersihan sudah dijalankan dari lingkungan paling kecil yakni rumah, kita bisa wujudkan Tangsel menjadi kota terbersih," ungkapnya.

Airin mengungkapkan, sampah terus berproduksi,sehingga menjaga kebersihan sangat perlu dilakukan, agar lingkungan bersih dari sampah. "Masalah penanganan sampah yang ada di Tangsel ini harus dilakukan dengan menggunakan teknologi, karena tanpa teknologi yang memadai, maka sulit rasanya kita bisa mengatasi masalah sampah, terlebih jika masyarakat kurang peduli. Jadi betapa pentingnya kepedulian masyarakat untuk sama-sama berkomitmen menjaga lingkungan bersih dari sampah," jelasnya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Yepi Suherman mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan di kolong flyover untuk mengajak para pedagang dan warga yang berada di Ciputat untuk menciptakan lingkungan bersih. "Kita ingin gerakan ini bisa dilakukan secara menyeluruh, dan mengajak warga Tangsel untuk peduli akan lingkungan," katanya.

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan rasa kekompakan, kalau warga sudah aktif dan kompak peduli akan sampah niscaya untuk menghidupkan Tangsel menjadi kota yang bersih akan terwujud.