Percepat Pelayanan, Pemkot Tangsel Luncurkan Aplikasi TIC

Peluncuran aplikasi TIC di Serpong. Peluncuran aplikasi TIC di Serpong. Rizki

 Detaktangsel.com SERPONG-Pemkot Tangsel melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah meluncurkan aplikasi Tangerang Selatan Inovation Center (TIC).

TIC merupakan wadah untuk menyalurkan perpaduan beragam inovasi-inovasi pelayanan publik dari para pemangku kepentingan (stakeholder). Inovasi sistem aplikasi yang dikembangkan antara lain di bidang tata kelola pemerintahan, kesejahteraan sosial, teknologi informasi dan pelayanan langsung.

Menurutnya, pengoperasian TIC sesuai dengan tujuan mendasar pemekaran daerah. Yakni, memperpendek jalur birokrasi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany berharap, dengan beroperasinya TIC sistem aplikasi yang telah ada terintegrasi antara satu dan lainnya. Khususnya di lingkup internal organisasi perangkat daerah Pemerintah Kota Tangerang Selatan terlebih dulu. "Bagaimana kita bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Tapi tentunya saya berharap kita semua pahami dulu apa itu inovasi," harapnya.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persandian pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel Tubagus Asep Nurdin menyatakan, terhitung mulai Tahun Anggaran 2018 mendatang bakal mengurangi pembuatan serta pengelolaan sistem aplikasi dengan melibatkan pihak ketiga.

"Kita kurangi ketergantungan terhadap konsultan. Ini yang jadi persoalan, yang bahaya ketika orang tersebut sedang berhalangan tapi sementara kebutuhan kita sedang tinggi. Maka di situlah stagnan," terangnya.

Asep pun meminta kepada seluruh pimpinan OPD menjaring tenaga kerja honorer untuk diberdayakan sebagai programer. "Kalau penguasaannya hanya 50 persen tidak apa-apa. Saya optimis dalam dua atau tiga bulan maka tenaga programer tersebut sudah bisa terbentuk," ujarnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online