Manfaatkan Teknologi Informasi untuk Pelayanan Masyarakat

Penyerahan lomba E-Goverment Penyerahan lomba E-Goverment Humas Kota Tangsel

Detaktangsel.com SERPONG-Dosen UIN Syarif Hidayatullah Husni Teja, mengungkapkan, saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa pengaruh yang besar terutama bagi organisasi pemerintahan.

Ini diungkapkannya saat penyerahan penghargaan E-Government kepada organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Tangsel di Serpong pada Kamis, (24/11/2017).

Menurutnya perkembangan teknologi informasi ini telah memaksa organisasi pemerintahan untuk melakukan transformasi besar-besaran agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Perubahan tersebut tidak hanya dalam produk layanan, tetapi juga pada struktur dan manajemen organisasi. Reformasi birokrasi yang dilatarbelakangi tuntutan terhadap terbentuknya sistem pemerintahan yang bersih, transparan dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara lebih efektif, melahirkan inspirasi penyediaan data informasi dan media komunikasi yang transparan melalui E-government.

Baca juga: Horeeee...Kantor Puspemkot Tangsel Dialiri Air Bersih

Kata dia, E-government merupakan penggunaan teknologi oleh pemerintah untuk memeberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. “Ketersediaan informasi yang transparan dan setiap saat dapat diakses oleh masyarakat, telah mendapat tanggapan positif dari pemerintah, terbukti dari dikeluarkannya intruksi presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional pengembangan E-government indonesia,”ungkapnya.

Penerapan E-government dalam sistem pemerintahan indonesia sangat relevan dengan era reformasi birokrasi yang saat ini sedang diprogramkan oleh pemerintah. "Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat umum. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh dan Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien," tandasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online