Tinggal di Rumah Singgah, Kondisi Soni dan Marcel Membaik

detaktangsel.com TANGERANG - Menteri Sosial Khofifah Indar Parwansa mengakui setelah melihat kondisi anak yang ditinggal ibunya, Soni dan Marcel dalam kondisi sehat. Namun, Marcel membutuhkan penanganan lebih lanjut, seperti terapi untuk fisiknya, agar fungsi motoriknya semakin baik. Namun jika melihat kondisi awal saat ditangani Dinas Kesehatan Kota Tangerang sejak Mei 2015, kondisi fisiknya yang saat itu lemah. Tetapi, saat ini sudah jauh lebih baik.

"Kami perlu tingkatkan lagi kondisi kesehatannya. Akan dilakukan diagnosa lanjutan, guna mengetahui tindakan medis yang tepat bagi Marcel," katanya saat mengunjungi Rumah Singgah Kota Tangerang pada Kamis (5/1/2017).

Dirinya sudah berbincang dengan wakil Walikota Tangerang, Kadinsos dan Kadinkes, jika memang diizinkan, Marcel akan dirawat lebih lanjut di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Bambu Apus, Jakarta Timur. Khofifah menambahkan, dari pembicaraannya dengan Soni, dia menginginkan tinggal bersama ibunya dan ingin kembali sekolah.

"Nanti akan dilakukan mediasi dengan ibunya, untuk mengembalikan Soni dan Marcel, karena sesuai aturan pada undang-undang perlindungan anak, prioritas pengasuhan itu berada pada orang tua," katanya.

Yang penting, bagaimana kita memenuhi kebutuhan anak, yang terbaik bagi mereka, bukan bagi kita. Soni ingin melanjutkan sekolah dan tinggal dengan ibunya, ya sesegera mungkin kita upayakan. "Kami juga ucapkan terima kasih atas penanganan dilakukan Pemkot Tangerang selama ini kepada Soni dan Marcel," ucapnya.

Sementara itu, Sachrudin mengatakan, Marcel ditemukan saat usia 1,5 tahun. Dalam kondisi kesehatan yang lemah. Kemudian dirawat dan ditangani oleh RS Ar-Rahmah sampai kondisinya membaik.

"Pada prisnsipnya bagaimana memberikan kebutuhan yang terbaik bagi anak dan mereka dapat tertangani dari segala persoalannya. Di mana Soni dapat kembali melanjutkan sekolahnya, Marcel yang membutuhkan perawatan seperti fisioterapi, mudah-mudahan dapat tertangani semuanya," terangnya.

Kadinsos Kota Tangerang Rachmat Hadis menambahkan, sementara ini pihaknya tengah merawat Soni dan Marcel di rumah singgah untuk pemulihan. Dengan bantuan para tenaga medis dari Dinkes Kota Tangerang.

Rachmat Hadis menuturkan, selama dalam perawatannya di rumah singgah. Tentunya kami akan upayakan yang terbaik bagi keduanya. Mereka akan dipantau oleh tim dokter dari Dinkes Kota Tangerang dan para relawan sosial. Di mana segala kebutuhannya seperti makanan, minuman, serta pakaian, dipenuhi sebaik mungkin. (ades)

Go to top