Kepadatan Penduduk Memerlukan RTH & Taman Ramah Anak

Lurah Kelurahan Pamulang Timur Heru SW didampingi Kasie Kesia Zainuddin saat melayani warga yang akan berangkat umroh Lurah Kelurahan Pamulang Timur Heru SW didampingi Kasie Kesia Zainuddin saat melayani warga yang akan berangkat umroh

detaktangsel.com - PAMULANG - Kelurahan Pamulang Timur merupakan salahsatu Desa hasil pemekaran di Kecamatan Pamulang semasa menjadi bagian dari Kabupaten Tangerang. Menurut Lurah Kelurahan Pamulang Timur Heru SW kepada detaktangsel.com, Selasa (1/3/2016) menjelaskan, tahun 1980, Kelurahan Pamulang dimekarkan menjadi Kelurahan Pamulang Barat dan Kelurahan Pamulang Timur pada 25 Mei 1980.

lurah Pamulang Timur Heru SW 02Pada awal pemerintahannya, Desa Pamulang Timur dipimpin oleh tokoh masyarakat M. Rawie hingga tahun 1989. Dan, setelah habis masa kepemimpinannya, Desa Pamulang Timur dipimpin oleh Dedi M.Rawie selaku Pelaksanan Tugas (Plt) dari Kecamatan Pamulang hingga dilaksanakannya Pemilihan Kepala Desa tahun 2001.
Selanjutnya, Desa Pamulang Timur dipimpin oleh HM. Ramlie MA,SE alias H. Abie yang berkuasa hingga dua periode kepemimpinannya, bahkan jabatannya sempat diperpanjang pasca terbentuknya Kota Tangerang Selatan, dan terjadi perubahan status Desa menjadi Kelurahan.

Seiring dengan perkembangan dan dinamika politik menjelang Pemllihan Legistatif (Pileg) tahun 2014, H. Abie pun memilih meletakkan jabatan Lurah untuk selanjutnya mendaftarkan diri sebagai salahsatu calon anggota legislatif di DPRD Kota Tangerang Selatan untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Pamulang dari Partai Golkar.
Akhirnya, dengan ijin Allah SWT, Lurah Abie pun melenggang ke gedung DPRD dengan raihan suara pemilih tertinggi dari seluruh anggota legislatif bersama Partai Golkar yang meraih Sembilan kursi Dewan, yang kemudian menempatkan H. Abie terpilih menjadi Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan periode 2014 – 2019.

Sementara itu, pasca HM Ramli meletakkan jabatannya sebagai Lurah Kelurahan Pamulang Timur, Walikota Tangsel Hj. Airin Rachmi Diany melantik dan mengangkat sosok baru, pria berkaca mata bernama Heru SW dan mendapat amanah untuk melanjutkan tampuk pemerintahan di Kelurahan Pamulang Timur sejak 28 September 2013.
Dibawah kepemimpinan Heru SW tersebut, Kelurahan Pamulang Timur (Pamtim) yang memiliki luas wilayah 283,20 kilometer persegi (Km2) dengan 15 km2 wilayahnya merupakan dataran rendah bekas persawahan dan kawasan perbukitan kecil, menjadikan wilayah Kelurahan Pamtim sebagai kawasan padat penduduk, pusat perdagangan dan jasa, sekaligus menjadi salah satu titik lokasi banjir di Kecamatan Pamulang.

Pertambahan jumlah penduduk di wilayah Kelurahan Pamtim terlihat sangat signifikan. Areal lahan milik pribumi asli Pamulang atau pun pihak-pihak yang berinvestasi yang selama sepuluh tahun terakhir terlihat kosong, kini sudah berubah dan menjadi kawasan hunian penduduk. Dan, hingga akhir Februari 2016, jumlah penduduk Kelurahan Pamtim mencapai angka 35.926 jiwa dengan penduduk Laki-laki 17.103 jiwa dan penduduk Perempuan 18.823 jiwa.

Setelah mendapat amanah dari Walikota Tangsel, Lurah Kelurahan Pamtim Heru SW dengan dibantu Sekretaris Kelurahan Pamtim Kamsari, Kasie Pelayanan Umum Syahriel Fuad Syaumufi, Kasie Pemerintahan Ade Roy Fietroh Notorano, Kasie Kesejahteraan Sosial Zainuddin, dan Kasie Ekonomi Pembangunan Suhanda Wajaya, secara berkelanjutan melakukan penataan wilayah Kelurahan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara optimal/layanan prima.

lurah Pamulang Timur Heru SW 03Penataan dan pembangunan wilayah tersebut, sebagaimana juga diatur dalam ketentuan yang berlaku, dilakukan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan, yang didahului dengan kegiatan Pra Musrenbang di tingkat Rukun Tetangan (RT) dan tingkat Rukun Warga (RW) setempat, untuk ditampung dan dibawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan, dan tingkat Kota.

Heru SW mengakui, proses pembangunan tidak semuanya bisa berlangsung dengan mulus. Menurutnya, kadangkala pembangunan terkendala oleh hal-hal teknis yang melibatkan banyak pihak, baik dalam hal ketersediaan anggaran sehingga harus dilakukan secara bertahap, pekerjaan yang bersinggungan dengan domain Pemerintah Provinsi, urusan Pemerintah Pusat, urusan swasta, maupun hal yang terkait dengan kepemilikan pribadi-pribadi warga, dan bukan warga setempat.

"Jumlah penduduk yang semakin bertambah, tentunya memerlukan berbagai fasilltas sarana-prasarana, baik sarana pendidikan, sarana pelayanan kesehatan, ruang terbuka hijau (RTH) untuk mendapat udara yang bersih bagi kesehatan dan kegiatan sosialisasi warga, taman ramah anak, maupun gedung pemerintahan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat di berbagai bidang," papar Lurah Kelurahan Pamulang Timur.

Petunjuk Google Maps menuju kelurahan Pamulang Timur Kota Tangerang Selatan Lihat di  klik di sini

 

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online