Pandeglang Tolak Gerakan ISIS

Pandeglang Tolak Gerakan ISIS

detakserang.com- PANDEGLANG, Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang menggelar deklarasi penolakan terhadap gerakan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS). Acara ini berlangsung di salah satu hotel di Kabupaten pandeglang, Selasa (12/8).

Dalam sambutannya, Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi mengatakan, gerakan ISIS jangan sampai merambah di Kabupaten Pandeglang. Sehingga daerah ini tidak terkontaminasi keberadaan gerakan tersebut.

Pandeglang, menurutnya, adalah Kota Sejuta Santri dan Seribu Kiai. Untuk itu, jangan sampai tercoreng di mata nasional karena keberadaan gerakan ISIS yang menyimpang dari ajaran Islam.

"Mari kita pertahankan Pandeglang dari segi aqidah agar tidak terkontaminasi gerakan tersebut," katanya.

Sementara itu, Kapolres Pandeglang AKBP Anwar Sunarjo mengatakan, paham ISIS kini sudah masuk ke wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Pandeglang. Kurang lebih sebanyak 65 orang terdeteksi sebagai pengikut gerakan tersebut.

"Kami masyarakat Kabupaten Pandeglang menolak kehadiran ISIS," tandasnya.

Ia mengakui, gerakan ISIS tersebar di beberapa kecamatan di wilayah Pandeglang. Kebanyakan mereka yang ikut dalam gerakan tersebut tidak tahu tentang ajaran tersebut karena gerakan ini mengatasnamakan agama Islam.

"Kami mengajak seluruh unsur MUI, alim ulama, ormas Islam, dan tokoh masyarakat untuk mendeklarasikan penolakan terhadap gerakan ISIS yang tidak sesuai dengan ketentuan Negara Kesatuan Indonesia (NKRI) ataupun dengan Syariah Islam yang kita yakini,"tambahnya.

Senada dengan Kapolres Pandeglang, KH Muhammad Muhtadi mengatakan, keberadaan ISIS di Indonesia pada umumnya dan di Kabupaten Pandeglang pada khususnya, sangat tidak sesuia dengan ketentuan Negara Kesatuan Indonesia (NKRI). Bahkan, bertentangan dengan syariah dan ajaran Islam.

"Kami menolakan keberadaan ISIS. Karena tidak sesuai dengan ajaran Islam," tegasnya.

Hadir dalam acara deklarasi, antara lain Wakil Bupati Pandeglang Hj Heryani, Komandan Kodim 0601 Letkol (Arh) Asep Suganjar, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pandeglang Sitti Ratnah, Kepala Pengadilan Negeri Mohammad Istiadi, Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang Wawan Gunawan, Assisten Pemkesra Utuy S Bebi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Tubagus Saprudin, kalangan Camat, alim ulama, ormas Islam, dan tokoh masyarakat.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online