TNI dan BPBD Banten Gelar Simulasi Siaga Bencana

detakbanten.com PANDEGLANG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten melakukan simulasi siaga bencana Tsunami di Desa Caringin Kecamatan Labuan, Kamis (23/10). Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman teori tentang penanggulangan bencana tsunami terhadap Masyarakat sekitar.

Kepala Komando Rayon Militer (Korem) Serang, Brigjen Suyatno mengatakan, kegiatan simulasi yang dilakukan tersebut merupakan bentuk ansivasi terhadap bencana tsunami, agar nantinya jika terjadi bencana Masyarakat sudah mengetahui cara penanggulangan bencana, baik tsunami atau bencana lainnya. Oleh karena itu pihaknya bersama BPBD Provinsi Banten melakukan pelatihan bagi anggota serta Masyarakat Labuan.

"Tujuan dilakukannya kegiatan ini untuk melatih para anggota serta masyarakat sekitar agar selalu siaga terhadap bencana Tsunami, karena bencana bisa datang kapan saja, tetapi kita semua berharap bencana akan terjadi,"ungkapnya.

Ditempat yang sama Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi mengatakan, pihaknya mengapresiasi dengan kegiatan yang dilakukan oleh TNI dyang melakukan pelatihan siaga Tsn BPBD tersebut, karena kata Bupati kegiatan tersebut sangat penting dilakukan untuk mengantisivasi terjadinya bencana Tsunami.

"Saya sangat mendukung dengan kegiatan ini, dengan harapan agar masyarakat mengetahui akan penyelamatan dirinya jika suatu saat terjdi bencana, adapun untuk sarana dan prasarana sudah disiapkan oleh BPBD baik pusat maupun daerah, tapi mudah-mudahan bencana tidak akan pernah ada di Pandeglang,"ungkapnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Banten, H. Ino S Rawita mengatakan, pelatihan ini merupakan hal yang penting dilakukan, sehingga Masyarakat dapat memahami cara penyelamatan diri saat terjadi bencana.

"Karena daerah Labuan ini selain padat penduduk juga berdekatan dengan pantai maka kegiatan ini dilakukan disini,"ucapnya.

« October 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Scattered Clouds
27°C (27°C 23°C)

Go to top