Pandeglang Memiliki Potensi Alam Yang Harus Dimanfaatkan

Pandeglang Memiliki Potensi Alam Yang Harus Dimanfaatkan

detakserang.com- PANDEGLANG, Bupati Pandeglang H Erwan Kurtubi mengatakan, Kabupaten Pandeglang memiliki potensi alam yang begitu banyak diantaranya, pesisir yang pantai yang panjang lebih dari 200 kilometer garis pantai, dan tidak kurang dari 33 pulau kecil berada pada wilayah administratif, tidak kurang dari 16 kecamatan memiliki garis pantai terbentang mulai carita sampai sumur di pantai barat, dan cibitung sampai cikeusik di pantai selatan yang harus dimanfaatkan dengan baik. dan Pandeglang juga mempunyai taman nasional yang meliputi wilayah darat dan laut di ujung kulon sampai pulau panaitan.

"Sumber daya alam yang luar biasa besarnya, dilaut kita bukan hanya ikan, rumput laut dan aneka ragam hayati yang bisa dikelola untuk memiliki nilai ekonomis, selain itu juga kita punya berbagai mineral yang bernilai tinggi, seperti minyak bumi dan biji besi yang memiliki nilai tinggi. Maka saya harap potensi yang besar ini bisa kita manfaatkan dengan baik dan optimal,"ungkapnya dalam acara sosialisasi penyusunan Rencana Zonasi Pesisir dan Pulau Pulau Kecil (RZWP 3 k) di Hotel Sofyan In Pandeglang, Kamis (4/9).

Lanjut kata Bupati, dalam rangka optimalisasi pemanfaatan potensi kelautan untuk kesejahteraan masyarakat pesisir pantai di Kabupaten Pandeglang, diperlukan kepastian hukum dan pijakan perizinan pemanfaatan ruang dimasa yang akan datang.

"Tentunya itu kita lakukan, karena alam yang kita kelola harus berkelanjutan dan kita tidak boleh mewariskan kerusakan dan masalah bagi anak cucu kita generasi mendatang,"tambahnya.

Ditempat yang sama Jumadi, Kasubsi Pendayagunaan dan Pelestarian dari perwakilan dari Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Dan Laut (PSPL) mengatakan, Kabupaten Pandeglang selain potensi laut yang besar, juga merupakan daerah yang memiliki garis pantai terpanjang di Provinsi Banten.

"Kami berharap potensi yang besar ini bisa dikelola dengan baik untuk kepentingan Masyarakat Pandeglang, dan untuk rencana jonasi ini diharapkan bisa menjadi perda,"katanya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online