UDD Pandeglang Kekurangan Stok Darah

detakserang.com - PANDEGLANG, Teknisi Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang Atina Salma mengeluhkan ketersediaan stok darah sangat kurang. Hal itu terjadi karena pada pasca-Hari Raya Idul Fitri permintaan sangat tinggi. Di mana mencapai 20 sampai 30 kantong per hari. Selain itu, juga pelaku pendonor darah di Pandeglang sangat minin.

"Permintaan darah pasca-Lebaran, mengalami peningkatan. Akibatnya, sekarang UDD PMI Pandeglang kekurangan stok darah. Kondisi disebabkan UDD PMI tidak melakukan kegiatan donor darah selama bulan puasa," ungkap Atina Salma saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/8).

Ia mengakui, pihaknya mempunyai kebijakan bila ada yang membutuhkan darah disarankan agar keluarga pasien bisa mendonorkan darah. Hal itu juga dilakukan jika keluarga pasien tersebut ada kecocokan darah.

"Apabila dari keluarga pasien tidak ada kecocokan darah, kami menyarankan untuk membeli ke tempat lain. Sebab, ada juga keluarga pasien yang tidak cocok darahnya,"tandas Atina.

Petugas UDD yang lain, Fani Afriliani mengatakan, pihaknya akan segera melakukan donor darah keluar daerah pada pekan ini. Langkah ini untuk mengatasi kekurangan stok darah.

Menurut rencana, ia menjelaskan, pihaknya akan melakukan donor darah ke daerah lain dalam waktu dekat ini. Upaya ini diharapkan bisa dilakukan agar ketersediaan stok darah mencukupi.

« February 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top