Pemkab Pandeglang Diminta Jaga Kelestarian Gunung

detakserang.com - PANDEGLANG, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) beserta Masyarakat di Pandeglang diminta untuk menjaga kelestarian gunung diwilayah sekitar, diantaranya gunung Pulosari, Aseupan dan gunung Karang yang disebut dengan gunung akasari.

Sebab gunung merupakan sumber mata air dan oksigen bagi kehidupan manusia. Gunung dipandeglang saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan, karenan telah banyak terjadi penebangan-penebangan liar disekitar gunung yang nantinya bisa menimbulkan kesengsaraan bagi Masyarakat.kita semua diharuskan untuk melestarikan hutan dan gunung.

Disampaikan Pimpinan Suku Baduy Jaro Dainah, gunung akasari di Kabupaten Pandeglang sekarang kondisinya sangat menghawatirkan, sebab dengan banyaknya penebangan kayu – kayu yang ada di Gunung secara liar, selain itu dampak dari hal tersebut banyak sekali terjadinya longsor. Padahal gunung itu adalah sumber mata air dan oksigen bagi kehidupan manusia. untuk itu Pemkab beserta Masyarakat Pandeglang harus merawat dan melestarikan gunung diwilayah sekitar.

"Penebangan hutan secara liar tersebut merupakan hal yang sangnatlah tidak terpuji karena nantinya akan merugikan semua pihak. Maka dari itu kami sangat berharap Pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk terus menjaga kelestarian Gunung Akarsari tersebut,"ungkap Jaro Dainan, saat melakukan Kunjungan Seba Baduy ke Pemkab Pandeglang di Pendopo Kabupaten Pandeglang, Sabtu (3/5).

Tambah Jaro Dainah, selain menjaga kelestarian Gununng Pemkab juga diminta untuk tetap melestarikan lingkungan Hutan seperti di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Dirinya juga mengaku, Suka Baduy juga selalu melakukan seba secara Rutin ke TNUK serta ke Hutan yang ada di Gunung Kembang di Kabupaten Lebak untuk mengetahui kondisi yang ada di Hutan tersebut, karena dihawatirkan nantinya di Dua Hutan itu juga terjadi penebangan liar.

"Hal itu dilakukan dalam rangka pelestarian alam di Provinsi Banten, apabila tidak dilakukan dihawatirkan terjadinya musibah atau bencana alam, yang menimpa kepada Masyarakat sekitar,"katanya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pandeglang Andi Kusnardi mengatakan, Seba Baduy yang dilakukan ini merupakan wujud dari rasa kepedulian mereka terhadap kelestarian hutan, baik di pandeglang juga di wilayah Kabupaten Lain. Memang hal itu juga perlu dikhayati oleh Masyarakat Pandeglang agar tetap menjaga dan melestarikan Hutan. dirinya juga mengaku untuk kegiatan seba yang dilakukan oleh kePandeglang ini adalah ketujuh kalinya.

"Apabila kelestarian alam tetap dijaga oleh kita maka manfaatnya dapat dirasakan secara turun temurun oleh anak cucu kita. Dan untuk kegiatan Seba yang dilakukan oleh Suku Baduy ini merupakan sudah menjadi agenda rutiun,"katanya.

« February 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28      

Cuaca

Jakarta, Indonesia
JSN_PAGEBUILDER_ELEMENT_WEATHER_HAZE
26.5°C (29°C 24°C)

Go to top