Network

Warga Kumpulkan Iuran Perbaiki Jalan

detakserang.com - PANDEGLANG, Warga Kampung Kayujati Desa Purwaraja, Kecamatan Menes melakukan perbaikan jalan jalur Menes-Pulosari, tepatnya dikampung Kayujati Panggilingan, Desa Purwaraja Kecamatan Menes. Perbaikan tersebut dilakukan dengan bergotong royong, untuk pendanaannya sendiri dalam melakukan perbaikan jalan tersebut, warga melakukan iuran secara sukarela untuk membeli bahan matrialnya.

Sardi, Ketua rukun Tetangga (RT) 01, Kampung Kayujati mengatakan, kegiatan gotong royong dalam melakukan perbaikan jalan tersebut sudah berjalan sekitar dua minggu, dirinya juga mengaku perbaikan ini dilakukan atas dasar inisiatif semua Warga, sehingga mereka mau melakukan iuran secara sukarela tanpa ada paksaan. Sebab kata dia, kerusakan jalan dikampungnya itu sangat parah bahkan sering terjadinya kecelakaan, oleh sebab itu semua warga dari RT 01 memiliki kesepakatan untuk memperbaikinya.

“Awalnya memang kami melakukan musyawarah dengan semua warga disini, sehingga kami memiliki kesepakatan untuk memperbaiki jalan bersama-sama, sebab kami ingin jalan ini tidak terlalu banyak lubang. namun untuk dananya sendiri kami semua melakukan iuran sukarela, untuk membeli bahan matrialnya,”katanya saat ditemui dilokasi, Sabtu (26/4).

Tambah Sardi, dana yang dipergunakan untuk perbaikan jalan tersebut sepenuhnya dari sumbangan sukarela warga, dan juga didapat dari sumbangan para pengendara yang melintasi jalan tersebut.

“Kerja bakti ini kami lakukan dua hari dalam seminggu, alhamdulillah semua warga disini memiliki kekompakan yang sangat luar biasa, sehingga mereka mau mengorbankan waktu, tenaga bahkan materi, sebab kami ingin jalan ini layak pakai,”ungkapnya.

Dayat, warga Kampung Kayujati mengatakan, dalam melakukan kerja bakti ini tidak ada unsure apapun, sebab perbaikan tersebut dilakukan atas inisiatif semua warga, sehingga sepakat untuk iuran demi memiliki jalan yang tidak berlubang.

“Meskipun dana yang terkumpul dari hasil iuran semua warga tidak maksimal, mudah-mudahan cukup untuk memperbaiki jalan sepanjang 200 meter ini, sebab untuk iurannya sendiri juga tidak ditentukan, melainkan seadanya saja,”katanya.

Sementara Sekertaris Desa Purwaraja Wawan, megatakan pihaknya sangat menyambut baik dengan inisiatif semua warga Kampung Kayujati yang telah bergotong royong melakukan perbaikan jalan, sehingga berani berkorban baik waktu, tenaga bahkan materi, demi memiliki jalan yang layak pakai, sebab disepanjang jalur Menes-Pulosari yang berada di Kampung kayujati itu kondisinya rusak parah, sebab sudah lama belum ada perbaikan.

“Memang warga Kampung Kayujati itu melakukan perbaikan jalan secara swadaya, dan dana yang digunakannya itu adalah dari hasil iuran semua warga,”katanya. 

 
« July 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
29°C (29°C 24°C)

Go to top