Pemkot Tangsel Tingkatkan Disiplin PNS

Kegiatan Peningkatan Disiplin PNS Kegiatan Peningkatan Disiplin PNS

detaktangsel.com- PAMULANG, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) berupaya meningkatkan, disiplin, kinerja, dan pelayanan masyarakat. Untuk itu, Pemkot Tangsel mulai memberlakukan absensi pegawai negeri sipil (PNS) dengan menggunakan face ID atau face print. Alat ini juga untuk mencegah pegawai 'nakal' yang menitipkan absen.

"Penggunaan absensi ini dilakukan sebagai upaya mendongkrak kinerja PNS," kata Kasubag Kepegawaian Setda Tangsel Ridwan Alamsyah, Senin (17/2).

Dengan alat face print, menurutnya, lebih efektif dibandingkan finger print. Dengan menggunakan alat absensi ini, PNS berdiri di depan alat face print. Setelah tampak wajah, tinggal tekan tombol dan secara otomatis terekam wajahnya.

"Lebih cepat dan tidak perlu kontak fisik dalam pengabsensian," ujarnya.

Ia menjelaskan, pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) memberlakukan sistem absensi face print ini mulai Senin(17/2). Alat ini terkoneksi dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).

Melalui alat tersebut, ia menambahkan, absensi PNS akan lebih terekam dengan baik. Karena wajah PNS akan tampak sehingga tidak bisa terwakili orang lain.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan BKPP Kota Tangsel Erwin Gemala Putra mengamini pendapat Kasubag Kepegawaian Setda Tangsel Ridwan Alamsyah. Penggunaan alat face print ini, kata dia, sudah diberlakukan sejak akhir 2013. Semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah menggunakan. Sedangkan untuk pegawai lingkup Setda Senin (17/2). Karena kantornya pun baru pindah.

"Kita melakukan registrasi atau register face pront pegawai Setda. dengan demikian, bisa langsung terkoneksi ke BKPP," ucapnya.

Menurutnya, alokasi anggaran pembelian alat ini lebih murah dibandingkan finger print. Untuk alat di masing-masing dinas menelan biaya sekitar Rp10 juta.

Ia menjelaskan, Pemkot Tangsel yang pertama kali menggunakan sistem absensi ini. Penggunan alat ini diharapkan mendongkrak tingkat disiplin para pegawai.

"Tingkat disiplin yang berkualitas, diyakini pelayanan pada masyarakat akan lebih baik pula," pungkasnya. (def)

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online