Bambu Apus, Lolos Sebagai Kelurahan Bebas Jentik

Detaktangsel.com Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan Tangsel terus menggalakkan Kota Tangsel sebagai wilayah bebas jentik nyamuk Aedes Aegipti dengan mendorong Kecamatan Pamulang Bebas Jentik 2018.

Sosialisasi Jumantik di setiap wilayah melibatkan pihak masyarakat, UPT Puskemas, Kelurahan terus dilakukan dengan salah satunya pengukuhan Pokjanal DBD Kecamatan Pamulang (10/02/2018), dimana dimaksudkan untuk dapat membantu wilayah Kecamatan Pamulang bebas jentik. Di 2018 ditargetkan delapan kelurahan di Kecamatan Pamulang bebas jentik.

bambu apus kelurahan bebas jentik13

Salah Satu Kelurahan, Bambu Apus dalam waktu relatif singkat tidak lebih dari 4 bulan berhasil menuntaskan sertifikasi bebas jentik di 9 RW, 6 SD, 1 gedung kelurahan dan 1 gedung puskemas. Hal ini menjadikan kelurahan Bambu Apus Kelurahan Bebas Jentik kedua di Kecamatan Pamulang - Kota Tangerang Selatan - Provinsi Banten setelah Kelurahan Benda Baru sebagai kelurahan Pertama Bebas jentik di Mei 2017.

bambu apus kelurahan bebas jentik2

Bertempat di gedung Graha Baitul Karim komplek Depag Bambu Apus, proses penilaian sertifikasi dilakukan team assesor independen dari mahasiswa atas 4 RW, 02, 03, 04 dan 06 Sabtu (24/03/2018) cukup menegangkan, karena nyaris 1 RW ABJ nya ada di titik kritis yang dipicu dari 13 RT.

Haru biru mewarnai Plt Lurah Bambu Apus Subur, Kepala Puskesmas Bambu Apus drg. Siti Nurmah, Manajer jumantik Amsir Godon dan tidak luput juga para supervisor serta kader jumantik dari RW 02, 03, 04 dan 06 atas hasil pengumuman yang menyatakan Kelurahan Bambu Apus lolos Sertifikasi Kota Tangerang Selatan.

bambu apus kelurahan bebas jentik14

" Prestasi telah diraih namun jalan masih panjang dan berliku, tiada kata istirahat, edukasi jumantik harus terus berjalan dan dilakukan. Budaya pantau jentik di semua rumah di Bambu Apus sudah harus mendarah daging seminggu sekali. " Ucap Subekti Ketua Pokjanal DBD Kecamatan Pamulang.

Dalam sambutannya, drg Siti Nurmah selaku Kepala Puskesmas Bambu Apus menyampaikan, 

"Program bebas jentik merupakan salah satu program unggulan Walikota Tangsel. Kunci keberhasilan Kelurahan Bambu Apus memperoleh sertifikat bebas jentik tidak lepas dari peran serta masyarakat baik moril maupun materiil yang luar biasa, terutama ibu2 dan RT/RW. " Ucap drg. Siti Nurmah Kapus Bambu Apus

" Bimbingan dan pembinaan dari Dinas Kesehatan juga punya andil besar dalam keberhasilan ini, termasuk OPD terkait, Camat, Lurah, FKKS Kecamatan Pamulang,POKJANAL DBD Kecamatan Pamulang, SBH Tangsel dan staf Puskesmas Bambu Apus. Dengan kata lain, keberhasilan ini merupakan keberhasilan bersama. " tandas drg Siti Nurmah.

Adapun sambutan dari Subur selaku Plt Lurah Bambu Apus atas prestasi hari ini.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih kepada para kader ,Supervisor dan Koordinator, Manajer Jumantik Bambu Apus, Pokjanal DBD kecamatan Pamulang, Para Ketua RW dan RT, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Bambu Apus serta khususnya UPT Puskermas Bambu Apus atas kerjasamanya sehingga tercapai Sertifikasi bebas Jentik Kelurahan Bambu Apus." Ucap Subur Plt Lurah Bambu Apus.

" Kedepannya kita tidak boleh terlena dan tetap melakukan kegiatan ini untuk dapat mempertahankan apa yang telah kita dapatkan." Tandas Subur Plt Lurah Bambu Apus

Pada Kesempatan ini Camat Pamulang juga memberikan apresiasi yang mendalam atas di capainya kelurahan Bambu Apus sebagai Kelurahan Bebas Jentik.

" Bangga, seneng dan berterima kasih kepada Tim Pokjanal, para manajer, kader, Lurah, Kapuskesmas, Tim Dinkes, ketua RW, ketua RT dan seluruh warga Bambu Apus atas kekompakan dan semangat yang luarrr biasa sehingga Bambu Apus berhasil mendapatkan sertifikat Kelurahan Bebas Jentik." Ucap Deden Camat Pamulang.

"Semoga hal ini menjadi penambah semangat bagi 6 kelurahan lainnya untuk menjadi kelurahan berikutnya yang berhasil memperoleh sertifikasi bebas jentik. Yakinlah bahwa jika kita kompak dan sungguh-sungguh maka KITA BISA !!!. " Tandasnya.

bambu apus kelurahan bebas jentik15

Program unggulan penanganan mendasar pemberantasan penyakit Deman Berdarah Dangeu (DBD) adalah adanya gerakan masyarakat yang proaktif, masif, dan berkelanjutan melalui satu relawan Juru Pemantau Jentik (Jumantik) yang ada di setiap keluarga. Artinya, dalam satu keluarga kecil wajib ada satu orang yang secara rutin (kontinue) memeriksa tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang berkembang biak jentik nyamuk, termasuk pada bak mandi, genangan air pada pecahan keramik lantai kamar mandi, saluran wastafel, tabung pembuangan air kulkas, bak tampung dispenser, dan lain-lain.

Baca juga : Pokjanal DBD Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan Dikukuhkan

Bambu Apus Lolos Sertifikasi Kelurahan Bebas Jentik Ke dua Tangsel54

Bambu Apus Lolos Sertifikasi Kelurahan Bebas Jentik Ke dua Tangsel54

Bambu Apus Lolos Sertifikasi Kelurahan Bebas Jentik Ke dua Tangsel54

Bambu Apus Lolos Sertifikasi Kelurahan Bebas Jentik Ke dua Tangsel54

Bambu Apus Lolos Sertifikasi Kelurahan Bebas Jentik Ke dua Tangsel54

bambu apus kelurahan bebas jentik16

bambu apus kelurahan bebas jentik17

 

Media

Video Detik Detik Menegangkan Sertifikasi Kelurahan Bambu Apus Bebas Jentik
« September 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Cuaca

No cities match your search query

Go to top