Catatan Terpilihnya Kembali Airin-Benyamin, Menabur Bukti Menuai Kemenangan

detaktangsel.com OPINI - Siapa menabur, dia menuai. Siapa berbuat, dia bertanggungjawab. Siapa memberi, dia menerima. Makanya dalam salah satu ayatNya kita diingatkan, bahwa kebaikan seberat dzarrah akan mendapat balasannya, pun kejahatan seberat dzarrah. Semua akan dikembalikan kepadanya. Kalau tidak sekarang, berarti nanti. Kalau tidak di dunia, berarti di akhirat. Maha Adil Allah, yang menciptakan hidup setelah mati. ( Kompas 11 maret 2011 Airin Rachmidiany).

Pengukuhan Airin Rachmi Diany – Benyamin Davnie sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilih Periode 2016 – 2012 dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Tangerang Selatan yang berlangsung di Hall Serbaguna Unversitas Terbuka (UT) Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Tangsel, Rabu (3/2/2016) berlangsung lancar. Hadir dalam acara tersebut unsur Muspida, tamu undangan, ormas dan partai pendukung yang telah menghantarkan Airin – Benyamin kembali menjadi Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan untuk kedua kalinya.

Dengan ditolaknya permohonan PHP oleh Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap gugatan yang diajukan Ikhsan Modjo – Li Claudia Chandra, Arsid – Elvier ASP, MARS pada 21 Januari 2016, disusul dengan penetapan KPU Kota Tangsel yang dilakukan dalam Rapat Pleno Penetapan, kemudian dikukuhkan dan diumumkan DPRD Kota Tangsel, maka seluruh persoalan tentang Pilwalkot 2015 telah usai.

jika kita lihat lancarnya penyelenggaraan Pilwalkot Tangsel Tahun 2015. Kita patut bersukur dan menjadi sebuah kebangaan tersendiri, karena kita semua telah melewati proses demokrasi dengan baik, aman tanpa sedikit pun kendala yang berarti. Terbilang sebagai sebuah kota baru yang terus berkembang, masyarakat Tangsel telah mampu menempatkan sikap kritis dan kepeduliannya untuk memilih pemimpin dalam sebuah prose pesta demokrasi yang namanya Pilwalkot, hakikatnya ia hanya merupakan sebuah mekanisme untuk menjaring pemimpin terbaik dengan cara demokrasi. Yang terpenting dari itu semua, "pesta demokrasi sudah usai mari kita bersama sama ikut membangun Tangsel yang lebih baik, yang mampu menjadikan masyarakatnya cerdas, modern dan relegius.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terpilih Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie dengan perolehan suara sebanyak 305.322 atau 59,62 kemungkinan akan dilantik pada 20 April 2016. Keduanya kembali memimpin warga Tangerang Selatan periode 2016-2021. Info tersebut didapatnya dari Bagian Pemerintahan pada Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten. Informasi tersebut didapatnya baru sebatas lisan, belum surat pemberitahuan resmi dari pihak Provinsi Banten

Airin-Benyamin kembali naik menjadi kampium pemimpin daerah kota yang baru lahir 7 tahun silam tersebut. Masa jabatan keduanya pada periode 2011-2016 berakhir pada 12 April 2016. Pelantikan rencananya dilaksanakan di Pendopo Gubernur Banten di Kota Serang.

Sementara itu, Airin – Benyamin yang ditetapkan sebagai pemenang pilkada Tangsel 2015 menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. "Kami mengucapkan, puji sukur kepada Allah Subhanahu wata'ala, Tuhan Yang Maha Esa, dan juga terima kasih kepada masyarakat Tangerang Selatan, kepada pasangan calon satu dan dua, kepada KPU, Panwas dan seluruh panitia penyelenggara pilkada di Kota Tangerang Selatan dan forum pimpinan daerah. Alhamdulillah tahap demi tahap pilkada sudah dilakasanakan dan hari ini adalah tahap penetapan," kata Airin.

"Dan, kami sampai hari ini masih dipercaya oleh masyarakat dan Allah Subhanahu wata'ala. Setelah ini, masih ada tahapan paripurna DPRD dan pelantikan, tapi pada intinya kami masih menjabat, kami masih mendapat amanah untuk periode pertama ini, dan mohon do'anya mudah-mudahan kami bisa menyelesaikan amanah kami diperiode pertama, dan mudah-mudahan di tahun ini sampai dengan tahun 2021 kami bisa menjalankan visi misi kami, yang kami janjikan kepada masyarakat Tangsel," kata Airin.

Calon Wakil Walikota Terpilih, Benyamin Davnie juga menyampaikan apresiasinya kepada KPU dan Panwaslu yang telah berhasil menunjukkan kepada 30 perwakilan negara asing yang meninjau pelaksanaan pilkada di kota Tangsel, dimana mereka dapat menyaksikan sendiri pilkasa di Tangerang Selatan atau demokrasi local ini bisa berjalan dengan baik. "Keberhasilan adalah ini berkat kerja keras dari semua pihak,baik itu penyelenggara, pengawas, kontestan dan tentunya masyarakat Tangsel umumnya," pungkas Benyamin.

Meski banyak perbincangan dan terpaan kritik dan dukungan yang beragam, ternyata masyarakat Kota Tangerang Selatan secara objektif menilai Kinerja Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie. Namun perbincangan ini menjadi lebih menarik, dan justru menaikan Popularitas Airin Rachmi diany dan Benyamin.

Kinerja Airin-Ben memang luar biasa

Kinerja Airin memang luar biasa. Hanya dalam waktu kurang dari 5 tahun, Airin mampu merubah wajah Kota Tangsel menjadi kota modern yang ramah lingkungan dan ramah investasi. Di bahwa kendalinya, kini Tangsel melesat menjadi kota mandiri dengan pertumbuhan ekonomi 8,7%, jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional.
Senyum Airin pun mengembang ketika melihat indikator makro yang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Pelayanan masyarakat yang makin prima dan pembangunan infrastruktur pun makin meluas. Rakyat bisa merasakan denyut nadi perubahan Kota Tangsel untuk mencapai visinya menjadi kota yang Cerdas, Modern dan Relijius (C-MORE).

Sosok Ibu Airin Rachmi Diany itu adalah sosok ibu yang tegar, dan mungkin tidak dimiliki oleh para ibu yang lain, ketegaran beliau dalam memimpin Kota Tangerang Selatan wajib di tiru, banyak yang masih berharap beliau tetap bisa memimpin kota Tangerang Selatan yang kita cintai ini, apapun penilaian masyarakat tentangnya , mari kita lihat pembangunan di segala aspek adalah bukti majunya kota tangsel ini, berkat kepemimpinannya , yah masyarakat juga jangan melihat sisi negatif nya saja , kan bisa di lihat selama ini Airin Rachmi Diany memimpin sangat cerdas dan berkeadilan .

Pujian keberhasilan Beliau dalam membangun kota Tangerang Selatan sudah tidak di ragukan lagi, semua dapat merasakannya, yah jika ada yang merasa tidak puas paling tidak itu hanya ungkapan sepihak saja untuk kepentingan kepentingan tertentu. Realisasi pembangunan yang dilakukan dari berbagai kegiatan hingga Musrenbang tingkat RT, RW, kelurahan, kecamatan dan walikota dirasakan cukup berhasil seperti perbaikan kondisi jalan lingkungan, saluran air, pos yandu, balai warga, TPST serta berbagai pelatihan maupun ketrampilan ke masyarakat selama tiga tahun terakhir ini.Termasuk meningkatnya APBD dan PAD setiap tahun.

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany sebagai salah satu kandidat terpilih kembali memimpin kembali pemerintahan kota (Pemkot) Tangsel ke depan. Pemimpin yang baik selalu mempunyai keinginan untuk menebarkan cinta pada rakyatnya, hingga rakyatnya sadar untuk mencintainya. Karena dengan cinta, seorang pemimpin akan mensejahterakan rakyatnya dengan memberikan kemampuan terbaiknya...

Data indek pembangunan manusia di Kota Tangsel juga terus mengalami peningkatan menjadi 78 setara dengan DKI Jakarta dan jauh meninggalkan indek pembangunan manusia Indonesia yang hanya 73. Melihat pertumbuhan yang demikian signifikan, rasanya sangat wajar jika Airin bermimpi melihat Kota Tangsel menjadi "Smart City". Apalagi, kini banyak bermunculan perguruan tinggi-perguruan tinggi baru di Kota Tangsel.

Tak hanya itu, Airin pun rajin merenovasi gedung-gedung sekolah dari tingkat SD hingga SMA dan pemberian beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan siswa yang kurang mampu. Keberhasilan program Airin dibidang pendidikan dapat dilihat dari menurunnya angka buta huruf dan meningkatnya angka rata-rata lama sekolah warga Kota Tangsel yang mencapai 10,99. Meningkatnya angka rata-rata lama sekolah menunjukkan semakin tinggi jenjang pendidikan terakhir yang ditamatkan oleh warga yang memiliki korelasi positif dengan kualitas warga Kota Tangsel dalam hal mengenyam pendidikan formal maupun informal.

Pemimpin Ideal
Menurut Very Mukhlis dari LSM Konsep Indonesia, secara sosial seorang pemimpin adalah penguasa, karena ia memiliki otoritas dalam memutuskan sesuatu yang mengikat orang banyak yang dipimpinnya, tapi menurut etika keagamaan, seorang pemimpin pada hakekatnya adalah pelayan dari orang banyak yang dipimpinnya (sayyid al-qoumi khodimuhum).
Pemimpin yang akhlaknya rendah pada umumnya menekankan dirinya sebagai penguasa, sementara pemimpin yang berakhlak baik lebih menekankan dirinya sebagai pelayan masyarakatnya. Dampak dari keputusan seorang pemimpin akan sangat besar implikasinya pada rakyat yang dpipimpin. Jika keputusannya tepat, maka kebaikan akan merata kepada rakyatnya, tetapi jika keliru maka rakyat banyak akan menanggung derita karenanya.

Meneladani kepemimpinan Rasulullah, akhlak utama yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah keteladanan yang baik (uswah hasanah), terutama dalam kehidupan pribadinya, seperti hidup bersih, sederhana dan mengutamakan orang lain.
Menurut hemat penulis Kota Tangerang Selatan dibawah kinerja Airin-Benyamn adalah sosok figure yang tangguh, memiliki komitmen, dedikasi, jujur, bersih, dan pengabdiannya semata-mata didorong oleh niat yang ikhlas bagi kemajuan dan kepentingan masyarakat. Bukan untuk kepentingan pribadi, keluarga, atau sekelompok orang tertentu saja.
Kota Tangerang Selatan memiliki potensi yang demikian besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya. Namun hingga kini masih terabaikan, kalau pun sudah mulai ditangani, tapi belum optimal dan hasilnya baru dinikmati oleh segelintir atau sekelompok orang tertentu saja.

Melihat berbagai potensi itu, Kota Tangerang Selatan kedepan memerlukan pemimpin yang visioner, memiliki konsep yang jelas, pribadi yang tangguh, jujur, adil, murah hati dan pengabdiannya semata-mata hanya bagi kepentingan rakyat banyak.
Kepada Bunda Airin dan Bang Ben sebagai Walikota wakil Walikota Tangsel 2016-2021 terpilih, masyarakat tetap akan menuntut yaitu berantas KKN, dan tuntutan pemerataan pembangunan di segala bidang secara berkeadilan dan mampu memberikan dampak positif bagi pembangunan Kota tangsel, untuk masa depan Kota Tangsel menjadi "Smart City" yang Cerdas, Modern dan Relijius.

Wallaualam Bisawab

Oleh ; Budi Usman, Praktisi Pelayanan Publik ( Kasubag Umum Kerjasama Korps Pegawai Republik Indonesia Kota Tangsel

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Scattered Clouds
29°C (29°C 25°C)

Go to top