Idul Adha sebagai Momen Aktulalisasi Kesalehan Sosial

Ilustrasi Ilustrasi

detaktangsel.com OPINI - Formateur HMI Cabang Ciputat periode 2014-2015, Dani Ramdhany menyatakan, hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari bersejarah yang dihormati dan diagungkan oleh umat Islam di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

"Bagi umat Islam, hari raya 'Idul Adha mengandung nilai-nilai luhur yang dapat diambil hikmah kehidupan di dalamnya. Hari raya ini juga disebut sebagai 'Idul Kubra, artinya hari raya yang sangat agung," Papar Ramdhany, Minggu (5/10).

Ramdhany menerangkan, selain sebagai sebuah ritual keagamaan yang sifatnya individualistik, hari raya 'Idul Adha juga mengandung ajaran tentang kesalehan sosial.

"Di bulan Dzulhijjah ini, setidaknya ajaran Islam mengisyaratkan dua nilai kehidupan, pertama nilai kehidupan antara individu manusia dengan Tuhannya, yaitu disimbolkan dengan ibadah haji ke Baitullah, Makkah. Kedua, nilai kehidupan antara individu satu dengan individu lainnya, yang disimbolkan dengan pelaksanaan ibadah qurban," paparnya.

Baginya, hal ini perlu dimaknai sebagai suatu ajaran keagamaan dan sistem kehidupan yang utuh dan menyeluruh. Karena di bulan yang agung ini, seluruh umat Islam di dunia mengaktualkan nilai-nilai ajaran keagamaan ke dalam sebuah sistem kehidupan sosial kemasyarakatan.

"Ibadah qurban sebagai kesalehan sosial merupakan perwujudan dari ajaran agama Islam yang hanif dan benar. Dan hal tersebut sebagai sebuah jawaban pasti bahwa pada dasarnya Islam merupakan satu agama yang 'rahmatan lil 'alamin' (menjadi rahmat bagi sekalian alam)," ungkapya.

Ramdhany berpesan, momen hari raya Idul Adha jangan hanya dijadikan sebagai sebuah ritual ibadah keagamaan yang sifatnya formalistik semata. Akan tetapi, ajaran keagamaan tersebut harus ditransformasikan ke dalam kehidupan sosial kemasyarakatan sehingga pada akhirnya kesalehan sosial akan terwujud.

"Selamat Hari Raya 'Idul Adha 1435 H, semoga kesalehan individu terakumulasi menjadi kesalehan sosial yang utuh dan menyeluruh," pungkasnya.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online