Evakuasi Dari Yaman Gunakan Jalur Darat, 262 WNI Sudah Tiba di Arab Saudi

Evakuasi Dari Yaman Gunakan Jalur Darat, 262 WNI Sudah Tiba di Arab Saudi

Detaktangsel.com NASIONAL - Duta Besar Setelah melakukan perjalanan darat dengan menggunakan 6 (enam) unit bus, sebanyak 262 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi meninggalkan kota Sana'a (Yaman) sejak 30 Maret lalu, telah tiba di kota Jizan, perbatasan Arab Saudi.

(Dubes) RI untuk Yaman Wajid Fauzi yang memimpin langsung evakuasi itu mengemukakan, ke-252 WNI itu terlebih dahulu dibawa dari kota Sana'a menuju Al Hudaidah pada Senin (30/3) lalu. Di Al Hudaidah rombongan bermalam selama dua malam untuk mempersiapkan skenario evakuasi lebih lanjut, sebelum kemudian diputuskan  evakuasi melalui jalur darat dengan pengawalan khusus dari Yaman Special Force.

Dari Al Hudaidah, rombongan berangkat menuju kota Jizan, perbatasan Arab Saudi dengan perjalanan sekitar 5 jam. "Suasana sangat mencekam tetapi kami terus menenangkan para WNI dan meminta semuanya untuk terus berdoa sepanjang 5 jam perjalanan dari Al Hudaidah," ujar Wajid.

Setelah menempuh perjalanan 5 jam yang mencemaskan, rombongan WNI yang di dalamnya juga terdapat 2 (dua) orang warga negara Thailand itu tiba di Jizan disambut Wakil Dubes RI untuk Saudi Sunarko dan Konjen RI Jeddah Dharmakirti bersama Tim yang langsung membantu proses imigrasi dan penampungan di kota Jizan.

"Kita sudah lakukan pendekatan jauh-jauh hari kepada imigrasi Saudi agar para WNI yang dievakuasi dari Yaman dapat diberikan dispensasi visa transit 15 hari," ujar Konjen indonesia di Jeddah, Dharmakirti.

Setelah tiba di wilayah Saudi, seluruh rombongan akan diproses pemulangannya ke Indonesia. "Saat ini kita akan melakukan pendataan ulang untuk menyiapkan tiket pemulangan ke Indonesia", ujar Sinarko Wakil Dubes indonesia di Riyadh.

Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online