Print this page

Menko PMK : Semua Sudah Berjalan Dengan Baik di Bandara Soetta

Menko PMK : Semua Sudah Berjalan Dengan Baik di Bandara Soetta

detaktangsel.com CENGKARENG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy yang juga selaku Ketua Pengarah Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, hari ini Sabtu 16 Mei 2020 meninjau Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menko PMK meninjau Soekarno-Hatta mulai pukul 09.00 WIB di Terminal 2 dan Terminal 3, didampingi oleh President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto.

Di Terminal 2, Menko PMK melihat langsung proses keberangkatan yang harus dilalui calon penumpang pesawat rute domestik di periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Semua sudah berjalan dengan baik, saya berharap ini berlangsung terus ke depannya,” ujar Menko PMK usai meninjau Terminal 2.

Adapun di Soekarno-Hatta telah ditetapkan prosedur baru dalam memproses keberangkatan agar physical distancing terjaga dan prosedur pemeriksaan dokumen dijalankan ketat.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan saat ini maskapai sudah melakukan pembatasan penjualan tiket maksimal 50% dari total kapasitas kursi pesawat.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 18/2020, jumlah penumpang maksimal 50% dari kapasitas dan karena itu penjualan tiket harus maksimal juga 50% dari kapasitas. Di Terminal 2 Soekarno-Hatta juga dilakukan pembatasan penerbangan menjadi hanya 5 penerbangan per jam,” ujar Awaluddin.

Awaluddin juga menjelaskan bahwa saat ini sudah diterapkan kebijakan baru dalam memproses keberangkatan di mana di mana calon penumpang harus melalui 4 pos pemeriksaan (checkpoint) sebelum naik pesawat.

"Checkpoint untuk melakukan verifikasi dokumen perjalanan. Checkpoint II pemeriksaan dokumen dan fisik terkait kesehatan. Checkpoint III untuk validasi seluruh dokumen guna mendapat clearance dari KKP. Lalu, checkpoint IV adalah ketika penumpang melakukan check in untuk mendapat boarding pass,” jelasnya.

Secara lengkap, dokumen yang harus dibawa calon penumpang pesawat pada periode PSBB tercantum di dalam Surat Edaran No. 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada hari ini, Sabtu 16 Mei 2020, dijadwalkan melayani 95 penerbangan (take off dan landing) di rute domestik dan internasional.

Di Terminal 2, jadwal keberangkatan rute domestik direncanakan sebanyak 20 penerbangan dan kedatangan 21 penerbangan. Maskapai yang beroperasi di terminal ini adalah Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, NAM Air dan Citilink.

Sementara itu di Terminal 3, seluruh rute domestik dioperasikan oleh Garuda Indonesia dengan rencana jadwal keberangkatan 17 penerbangan dan kedatangan 18 penerbangan. Untuk rute internasional dioperasikan berbagai maskapai dengan rencana keberangkatan sebanyak 10 penerbangan dan kedatangan Sembilan (9) penerbangan.

Adapun dari 95 penerbangan yang direncanakan pada hari ini, jumlah penumpang yang diangkut berdasarkan laporan maskapai adalah 3.196 penumpang.

Seluruh proses keberangkatan di Terminal 2 dan Terminal 3 sejak pagi tadi berjalan lancar di mana dilakukan antrean dengan tetap mengedepankan physical distancing. (BN/red)