Adriana Elisabeth : Negara Perlu Generasi Muda sebagai Peneliti yang Berkualitas

Detaktangsel.com JAKARTA - Seminar 100 Tahun Indonesia Jilid II yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Wisma Antara, Rabu (18/12/2019) menghadir Tiga Srikandi Pimpinan Pemerintah Daerah sebagai narasumber, yakni Wakil Gubernur Lampung yang juga mantan Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Bupati Kab. Jember dr Hj. Faida, dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko didampingi Anggota Tim Peneliti Papua dan Tim Politik Luar Negeri LIPI Adriana Elisabeth dan moderator cantik dan cerdas Tina Talisa.

 

Dalam kesempatan tersebut, Peneliti Papua dan Tim Politik Luar Negeri LIPI Adriana Elisabeth mengatakan, kedepan, di 2045 Indonesia akan dipimpin oleh orang-orang muda yang visioner yang bukan hanya memenangkan pertarung (politik) semata, tetapi juga harus memiliki personanity yang baik. Menurutnya, kita jangan lupa bahwa Indonesia, punya nilai yang bagus seperti gotong royong yang tidak ada dalam kamus bahasa Inggris, di mana dalam gorong royong ada suasana guyub, kebersamaan, dan saling menolong. Jadi, esensinya sangat bagus.

"Menurut saya, dalam ukuran nilai yang begitu banyak hari ini di mana Indonesia juga masuk dalam globalisasi, ada nilai-nilai yang kita terima yang harus lebih dimunculkan, yang bisa mempererat persaudaraan diantara kita dan tidak usah malu dengan nilai yang kita punya, dan itu justru menjadi ciri Indonesia untuk dihargai karena nilai itu sendiri," ungkap penelitian dari LIPI tersebut.

Menurut Adriana, kaum muda tidak perlu ragu masuk dengan nilai-nilai yang ada diantara pengaruh-pengaruh yang datang dari luar negeri. "Kaum muda harus memiliki optimisme yang tinggi dan kemampuan kaum muda pun tidak diragukan lagi kemampuan dan talent yang baik " imbuhnya.

Adriana menginginkan, bahwa kita tuntut untuk menjaga martabat bangsa, karena Indonesia ini semakin dikenal. Tetapi tentunya harus dengan hal-hal yang baik, dan pada 2045 Indonesia semakin kuat dan tidak mudah untuk dihancurkan. "Semakin bangsa menuju kepada hal yang baik, maka negara harus menuju pada sebuah negara yang sejahtera dan stabil. Arah ke sana yang harus dipunyai oleh setiap generasi muda dan bercontohlah pada ibu-ibu narasumber yang ada di sini," tegas Adriana Elisabeth.

Adriana juga berharap, kiranya juga ada generasi muda yang menjadi peneliti seperti dirinya. Karena, menurut Adriana, menjadi ilmuwan itu penting di mana negara ini perlu orang orang yang berpikir serius, menghasilkan kajian-kajian yang bisa menjadi basis dalam pengambilan kebijakan. "Nah, ini kedepan yang harus didorong, karena menjadi peneliti di Indonesia kelihatannya belum mewah. Itu mungkin dari forum ini saya menggugah untuk banyak generasi muda yang tekun untuk menjadi peneliti yang berkualitas," pungkasnya.

« January 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    

Cuaca

No cities match your search query

Go to top