Dinas Lingkungan Hidup Kaji Pembangunan PLTSa Cipeucang

Plt Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Mukkodas Syuhada memberi pemaparan saat workshop Program Pengurangan Polusi Plastik yang Berbasiskan Pelibatan Masyarakat Plt Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Mukkodas Syuhada memberi pemaparan saat workshop Program Pengurangan Polusi Plastik yang Berbasiskan Pelibatan Masyarakat Rizki

detaktangsel.comSERPONG UTARA - Pemkot Tangsel berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di TPA Cipeucang. Saat ini rencana tersebut dalam kajian Dinas Lingkungan Hidup.

Plt Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan Mukkodas Syuhada mengatakan, untuk mengatasi masalah sampah di Kota Tangerang Selatan pihaknya mengoptimalkan 52 unit Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) 3R (Reuse,Reduce,Recycle). Sementara TPA Cipeucang sudah tidak dapat menampung sampah.

"Dalam sehari 800 ton sampah terkumpul. Kita juga sedang mengkaji TPA Cipeucang untuk dijadikan TPSa sebagai tenaga listrik 10 megawatt. Dan itu kita jual ke PLN," katanya di sela kegiatan pada Rabu (8/2/2017).

Untuk membangun TPSa Cipeucang, kata mantan Sekretaris Dinas Tata Kota ini membutuhkan lahan seluas 15 hingga 20 hektar. Selain itu, sampah yang dibutuhkan per harinya mencapai 1.500 ton. "Ini masih menjadi kendala kita luas lahan tidak mencukupi dan volume sampah yang belum terpenuhi. Artinya, jika ingin membangun TPSa kita harus mengimport sampah dari wilayah lain. Seperti Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang," terangnya.

Ia menargetkan untuk pembangunan TPSa akan dianggarkan pada APBD perubahan. "Kalau hasil kajian sudah terpenuhi paling cepta dianggaran perubahan akan kita ajukan," tegasnya.

Saat ini, sambung Mukkodas, limbah dan bau masih menjadi masalah bagi masyarakat sekitar TPA. Untuk meminimalisir bau dan limbah, pihaknya setiap Jumat menanam pepohonan yang cepat menyerap air dan menghilangkan bau. "Ke depannya kita ingin juga TPA Cipeucang diubah menjadi eko wisata. Jika TPSa tidak terwujud," tegasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online