Waduuuh.... Bus Angkutan Mudik Lebaran Tak Layak?

petugas saat melakukan pengecekan bus petugas saat melakukan pengecekan bus

detaktangsel.com PAMULANG -- Bagi para pemudik yang akan menggunakan jasa angkutan bus, sebaiknya berhati-hati dalam memilih armada yang akam membawa pemudik ke tempat tujuan. Pasalnya, sejumlah bus yang diduga akan digunakan sebagai armada mudik itu, diketahui dalam kondisi tidak layak pakai.

Adanya sejumlah bus yang tidak layak pakai alias tidak siap jalan ini, terungkap setelah petugas dari Kemenhub RI bersama Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan uji layak jalan kepada sejumlah armada bus, kemarin.

Dati hasil pengecekan yang dilakukan terhadap bus antar kota antar provinsi yang ada di terminal Pondo Cabe dan pool bus di Tangsel, terungkap ada sejumlah armada bus dalam kondisi rusak serta roda yang di gunakan, tidak sesuai standar.

"Ada dua unit bus yang tidak layak jalan. Bus yang pertama kaca depan bus yang retak serta ban yang tidak memenuhi standar," kata Kabag Humas dan Komunikasi Badan Pengelola Transpotasi Jakarta, Binari Sinurat di Tangsel, kemarin.

Binari mengatakan, bus itu juga menyalahi kartu pengawasan yang seharusnya trayek Pulo Gadung- Pemalang, tetapi bus malah menaiki penumpang dari Tangsel. Akibatnya, bus itu akan di tilang oleh Dishubkominfo Tangsel.

Sementara bus yang kedua tidak memiliki izin trayek. Sebab, pada awalnya angkutan yang kedua ini adalah bus pariwisata. Perusahaan Otobus tidak memilik izin trayek untuk bus yang kedua. Jadi bus yang kedua juga ditilang.

"Pengelola bus sudah kami tegur untuk segera mengurus surat- surat izin. Serta memperbaiki bus yang tidak layak jalan ini agar bisa dipergunakan untuk mudik tahun 2016 agar tidak membahayakan penumpang," katanya.

Hal ini, kata Binari, sesuai dengan perintah dari menteri Perhubungan untuk melakukan persyaratan minimum sarana angkutan lebaran.
Persyaratan ada tujuh untuk angkutan mudik, diantaranya sistem penerangan berfungsi dengan baik, speedometer berfungsi baik, Sistem pengereman berfungsi baik, sabuk pengaman tersedia baik, ban depan bukan vulkanisir dan tidak gundul, wiper kaca berfungsi baik serta kaca depan tidak pecah.

Untuk bus lainnyapun, lanjut Binari, akan dilakukan pemeriksaan kembali secara bertahap karena bus juga sudah ada yang berangkat. Pihaknyapun meminta kepada pengelola bus agar bisa memperbaiki bus agar layak jalan.

"Kami akan memeriksa kelayakan bus di semua terminal kelas A dan pool bus yang besar dari tanggal 24 juni 2016 sampai dengan 17 juli 2016 karena kami berharap untuk angkutan mudik tahun 2016 ini zero accident," tegas dia.

Sementara Kepala Operasional Divisi bus malam PO Kramat Djati Dadang Suhaya mengatakan, pool yang berada di jalan M Toha, Pamulang, Tangerang Selatan terdapat 30 bus. Dengan trayek ke pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

"Secepatnya akan kami perbaiki, agar bus bisa digunakan saat mudik lebaran. Nanti juga akan saya sampaikan ke pimpinan tentang adanya temuan ini," terangnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online