Print this page

Pemudik Motor Diprioritaskan di Dermaga IV dan V Merak

Pemudik Motor Diprioritaskan di Dermaga IV dan V Merak

detakserang.com- CILEGON, Pemudik Kendaraan motor yang diprediksi akan meningkat tahun 2014 hingga mencapai 5 persen dari tahun sebelumnya ini, akan menjadi fokus prioritas tersendiri bagi PT. ASDP Ferry Cabang Merak untuk menyeberangkan pemudik ke Pulau Sumatera. Kemacetan panjang kendaraan roda dua hingga keluar Pelabuhan yang sempat terjadi dua tahun silam lalu, memaksa pengelola Pelabuhan Merak tersebut harus memutar otak mendahulukan dan memprioritaskan pemudik ini. Untuk itu, PT. ASDP Ferry Cabang Merak akan memprioritaskan menyeberangkan Pemudik Motor di Dermaga IV dan Dermaga V bila situasi kepadatan sudah tidak dapat terhindarkan lagi disaat Puncak Hari Lebaran nanti.

Hal ini disampaikan Yanus Lentanga, General Manajer PT. ASDP Ferry Cabang merak yang dikonfirmasi di Pelabuhan Merak, Selasa (21/7).

" Baik Gapasdap, OPP dan KSOP dan Kami, telah sepakat untuk kapal yang berukuran kecil akan memuat pemudik motor khusus di Dermaga IV dan V bila dalam situasional terjadi di kepadatan pada hari puncak Arus mudik Lebaran" Tuturnya.

Yanus menambahkan bahwa selain kapal berukuran kecil, kapal yang tergolong berukuran besar juga memuat bagi pemudik dari berbagai kendaraan baik roda empat dan roda dua.

" Kalau kapal ukuran besar, di upper decknya khusus untuk roda dua, sementara di cardecknya difungsikan untuk pemudik kendaraan pribadi dan bis" Tandasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Togar Napitupulu, Ketua Gapasdap Merak juga membenarkan hal tersebut. Pihaknya membenarkan bahwa pemberlakukan dermaga IV dan Dermaga V akan diberlakukan sepenuhnya untuk pemudik motor dengan melihat situasi dan kondisi bilamana akan terjadi antrean panjang yang terjadi Dipelabuhan Merak.

" Kalau H-3 nanti itu puncak arus mudik lebaran, maka akan diberlakukan karena pemudik motor akan meningkat pada saat hari puncaknya. Dan pemudik motor lebih kita prioritaskan untuk kita seberangkan lebih dahulu" Tandasnya.

Togar menghimbau agar pemudik agar dapat memanfaatkan waktu menyeberang di Pelabuhan Merak pada saat pagi hingga siang hari. Mengingat agar pemudik dapat terhindar dari kemacetan kendaraan yang akan terjadi.

" Kami himbau agar pemudik dapat berangkat lebih awal. Lebih memilih waktu berangkat pagi hingga siang hari" Tuturnya.

Sementara itu, Endi Suprasetio, Kepala Otoritas Pelabuhan Penyeberangan mengatakanab bahwa pihaknya akan melakukan berbagai upaya untuk lebih cepat menyeberangkan para pemudik agar dapat sampai di Pelabuhan Bakeuheni dengan nyaman.

" Kalau dibutuhkan kita akan lakukan percepatan bongkar muat, itupun bila dalam kondisi situasional" Pungkasnya.
Masih Kata Endi, kapal yang tersedia hingga saat ini masih berjumlah 39 kapal. Namun pihaknya yakin dalam waktu dekat, beberapa kapal akan diperbantukan usai menjalani perawatan rutin yang masih dilakukan.

" Kapal yang ada saat ini 39 kapal, 3 kapal masih docking. Mudah-mudahan satu dua hari kedepan, kapal yang docking sudah kembali dapat melayani pelayanan penumpang angkutan lebaran di Merak" Tandasnya