Print this page

Cek Berkas Sertifikat, BPN Tangsel Luncurkan SIMASBRO

Cek Berkas Sertifikat, BPN Tangsel Luncurkan SIMASBRO

detaktangsel.com SERPONG--Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meluncurkan aplikasi berbasis online SIMASBRO atau Sistim Informasi Masyarakat Broadcast.

Dengan adanya SIMASBRO tersebut, masyarakat kini bisa mengecek berkas sertifikatnya melalui SMS atau layanan Whatsapp yang langsung terkoneksi dengan layanan aplikasi SIMASBRO.

Kepala Kantor BPN Kota Tangsel, Wartomo mengatakan SIMASBRO dapat memberikan informasi pertanahan terkait proses berkas yang didaftarkan masyarakat, informasi pendaftaran berkas, informasi tunda berkas yang di sebabkan belum lengkapnya dokumen berkas serta informasi produk berkas yang sudah selesai.

"Untuk informasi pendaftaran berkas, apabila ada kendala maka akan disampaikan ke pemohon melalui sistem yang ada pada SIMASBRO," katanya di Kantor BPN Kota Tangsel, Serpong, Jumat (10/5/2019).

Sedangkan manfaat layanan SIMASBRO untuk masyarakat, adalah dengan memberikan kepastian bahwa berkas benar-benar telah didaftarkan di Kantor Pertanahan Kota Tangsel. Selain itu, memberikan informasi elektronik langsung kepada pemohon apabila ada kekurangan kelengkapan dokumen terhadap berkas yang dimohon, serta memberikan kepastian kepada pemohon apabila berkas sudah selesai untuk melakukan pengambilan hasil produk berkas.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto menjelaskan bahwa dengan peluncuran SIMASBRO tersebut, merupakan komitmen untuk terus melakukan transformasi berbasis online dan infrasturktur yang mumpuni.

"Kedepan kita akan melakukan sistem arsip digital. Untuk itu, dilakukan secara bertahap seperti SIMASBRO sebagai bentuk sistem secara terbuka. Jadi masyarakat dapat mengetahui status berkasnya. Karena selama ini masyarakat tidak mengatahui berkasnya ada dimana," ungkapnya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany yang ikut menyaksikan peluncuran SIMASBRO mengatakan, dengan adanya layanan berbasis online seperti SIMASBRO diharapkan dapat menjadi transparansi dan inovasi yang berguna untuk masyarakat.