DLH Tangsel Ketar-Ketir, Banyak Pohon Berpotensi Roboh Saat Hujan

detaktangsel.com SETU--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dipastikan bakal ketar-ketir saat terjadi hujan deras. Sebab, saat ini terdapat lima titik wilayah dengan pohon-pohon besarnya yang berpotensi tumbang ketika hujan disertai angin  menerjang kawasan tersebut.

Kelima titik wilayah yang  berpotensi terjadinya pohon tumbang, yakni kawasan Alam Sutera Serpong, Muncul, kawasan Bhakti Jaya, kawasan PDAM Serpong dan Ciputat Timur.

Kepala Seksi Pemulihan dan Pemeliharaan Lingkungan DLH Kota Tangsel, Anton Wibawa mengatakan, untuk memotong atau memangkas pohon-pohon yang dinilai berpotensi tumbang, pihaknya terkendala oleh prasarana.

"Jangankan kita, DKI (Jakarta-red) aja ketar-ketir kalau hujan deras. Sarana kita belum mendukung, harus pakai tangga hidrolik untuk mangkas dan motong pohon," ungkap Anton di Setu, Senin (5/11/2018).

Anton jelaskan, selama ini, untuk melakukan pemangkasan dan pemotongan pohon yang dinilai rawan tumbang, pihaknya kerap melakukannya dengan cara manual.

"Selama ini kita kalau merapihkan pohon yang rawan tumbang, baru manual aja. Ada pegawai yang naik dan melakukan pemangkasan. Kalau pakai alat PJU (penerangan jalan umum) kadang berbenturan jadwal pakainya," ujar Anton.

Anton jelaskan, dengan melakukan pemangkasan dan pemotongan pohon dengan cara manual, permintaan masyarakat yang menginginkan pohon-pohon besar diwilayahnya ditebang, tak jarang mengalami kendala.

"Banyak pohon-pohon yang menyatu dengan kabel PLN, ini juga jadi kendala kita dilapangan. Apalagi sekarang musim hujan," tandasnya.

« November 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30    

Cuaca

Jakarta, Indonesia
JSN_PAGEBUILDER_ELEMENT_WEATHER_HAZE
25.9°C (28°C 24°C)

Go to top