Masuki Masa Kampanye, Panwaslu Pamulang Lakukan Pengawasan Partisipatif

Masuki Masa Kampanye, Panwaslu Pamulang Lakukan Pengawasan Partisipatif

detaktangsel.com PAMULANG--Jelang Kampanye Pemilu 2019 yang akan berlangsung mulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019 tahun depan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Forum Group Discussion (FGD) bertajuk Optimalisasi Strategi Pengawasan Partisipasif Menjelang Masa Kampanye.

Ketua Panwaslu Kecamatam Pamulang, Irpandi mengatakan, perlu adanya optimalisasi pengawasan partisipasif. Menurutnya, Ada tiga pilar penting dalam mensukseskan ajang perhelatan demokrasi 2019. Diantaranya penyelenggara (KPU, Panwaslu dan DKPP), peserta Pemilu (Parpol, Caleg, Capres dan Cawapres) dan keterlibatan masyarakat.

"Kami sebagai pengawas terus berusaha untuk memberikan stimulan pada masyarakat agar gairah partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 akan membaik, kegiatan FGD bertujuan untuk memperkuat pengawasan partisipatif," katanya di sekretariat Panwascam Pamulang, Senin (17/9/2018).

Sementara, koordinator Divisi SDM Panawaslu Pamulang, Farid yang mengatakan bahwa pihaknya memiliki route map pengawasan partisipatif sebagai ikhtiar mendorong naiknya kualitas pemilu 2019 mendatang di kecamatan Pamulang.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi pengawas di lingkungan kecamatan pamulang," ungkap Farid.

Menjelang masa kampanye ini Panwaslu setidaknya memahami peraturan perundang-undangan kepemiluan yang khusus mengatur jalannya kampanye. Sebagai penyelenggara harus meningkatkan kompetensi SDM dalam kegiatan diskusi sehingga akan berefek pada penyelenggaraan Pemilu tidak keluar dari kewenangan yang diamanatkan oleh undang-undang.

Ditempat yang sama, Divisi Pengawasan dan Penindakan pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangsel, Ahmad Jajuli menambahkan, optimalisasi pengawasan partisipasif bisa dilakukan dengan melakukan pendekatan terhadap komunitas-komunitas di masyarakat. Baik secara personal kepada teman atau kerabat dan kelompok masyarakat.

"Jika ada kesempatan untuk menyampaikan edukasi terkait kepemiluan di masjid maupun majlis-majlis taklim, maka itu bisa dilaksanakan,” tandasnya.

Pantauan saat berlangsungnya FGD di sekretariat Panwascam Pamulang, selain dihadiri oleh Divisi Pengawasan dan Penindakan dan Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Kota Tangsel, Ahmad Jajuli dan Karina, diskusi juga dihadiri oleh Panwaslu Tingkat Kelurahan yang ada di Kecamatan Pamulang.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online