Pemkot Tangsel dan BPPT Kerjasama Dibidang Kesehatan

Pemkot Tangsel dan BPPT Kerjasama Dibidang Kesehatan

detaktangsel.com TANGSEL- Pemkot Tangsel bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bakal melakukan ujicoba telemedicine atau dokter jarak jauh.

Telemedicine merupakan inovasi untuk melakukan diagnosa dan konsultasi medik jarak jauh di bidang kesehatan.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, uji coba ini ditandai dengan perjanjian kerjasama Dinkes dan RSU Tangsel dengan BPPT. "Sudah komitmen kami, ketika ada uji coba yang dilakukan BPPT, Tangsel menjadi wilayah pertama dalam rangka uji coba hasil riset BPPT ini, baru wilayah lainnya,” katanya pada Selasa, (28/8).

Dengan adanya kerjasama penandatangan PKS antara BPPT dengan Dinkes maupun RSU Tangsel, diharapkan bisa memudahkan pelayanan kesehatan di Tangsel. Apalagi jumlah dokter spesialis PNS di Tangsel sangat kurang, sehingga dengan alat ini bisa mempermudah dan melakukan pencegahan pemeriksaan dari jarak jauh.

“Jika uji coba sukses dan diproduksi massal, kami akan menganggarkan untuk pembalian alat ini,” ujarnya.

Direktur Pusat Teknologi Elektronika, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Yudi Purwantoro mengatakan, telemedicine merupakan teknologi berbasis telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak jauh.

"(Ide) Teknologi ini muncul karena keterbatasan dokter spesialis. Kalau perangkat yang dikirim tentu bisa tapi kalau dokter (spesialis) kondisinya seperti itu (terbatas)," ujarnya.

Lebih lanjut, Yudi menjelaskan, teknologi 'dokter jarak jauh' yang mereka godok ini, punya perangkat alat pendiagnosa seperti pada umumnya. Hanya saja nantinya akan disematkan sistem komunikasi yang canggih, berguna untuk penghubung dokter di lokasi dan dokter spesialis di tempat lain.

"Jadi nanti perawat dan dokter di training menggunakan perangkat ini, mendiagnosa tetap dokter spesialis," Pungkasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online