Staff Kelurahan Dilatih Aplikasi Seraton

detaktangsel.com SERPONG- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) telah resmi meluncurkan aplikasi Sistem Administrasi Pertanahan Online (Seraton) pada 23 April 2018 lalu untuk digunakan masyarakat.

Melanjutkan hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangsel menggelar Bimtek Aplikasi Seraton di Lab CAT BKPP Tangsel, Serpong pada 3 Mei 2018 untuk para staff Kelurahan.

"Masing-masing kelurahan sebanyak tiga orang mengikuti pelatihan Aplikasi Seraton. Dimana aplikasi ini bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses pengurusan pertanahan di Tangsel," kata Kepala Diskominfo Tangsel, Ismunandar.

Khususnya kata Ismunandar, aplikasi ini untuk Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Ini program pusat, dimana Kota Tangsel ditargetkan 100 persen seluruh tanah berserrifikat pada 2019 mendatang.

"Melalui pelatihan ini, para staff kelurahan mendapatkan ilmu untuk menerapkan aplikasi seraton. Karena nantinya merekalah yang mengerjakan aplikasi ini," kata Ismunandar.

Pada aplikasi ini, warga yang ingin mengajukan, mendaftar akun terlebih dahulu, setelah mendapatkan user name dan password kemudian menginput persyaratan. Setelah diinput akan divalidasi oleh pihak kelurahan, yang kemudian akan disesuaikan dengan berkas asli dan dikirimkan ke BPN.

Aplikasi ini akan memberikan informasi tahapan berkas warga yang sedang mengajukan hingga berkas selesai dan bisa diambil oleh warga.

"Diharapkan petugas keluarahan bisa menguasai dan menerapkan aplikasi ini juga melayani masyarakat dengan baik. Kalau ini bisa diterapkan, maka dapat mempermudah untuk pemantauan," tandasnya.

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top