Wakil Walikota Hadiri Peringatan Hari Air Sedunia di Situ Gintung

Peringatan Hari Air Sedunia di Situ Gintung. Peringatan Hari Air Sedunia di Situ Gintung.

detaktangsel.com CIPUTAT TIMUR-Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengapresiasi peringatan Hari Air Sedunia yang digelar di Situ Gintung, Ciputat Timur pada Minggu, (25/3/2018).

Peringatan Hari Air Sedunia mengusung tajuk Solusi Air Berbasis Alam, Mari Kita Jaga dan Pelihara Kebersihan Serta Keindahan Situ Gintung. Turut hadir Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Retno Prawati, Kabid Sumber Daya Air (SDA) DPU, Ajiawan dan Asda III Teddy Meiyadi, Asda I Rahmat Salam, Sekcam Ciputat Timur, Mukroni dan Lurah Cirendeu Win Fadlianta serta Kesbangpolinmas, Azhar Syam'un dan forum DAS.

Hadiri Peringatan Hari Air Sedunia di Situ Gintung2

Wakil Walikota Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, kegiatan ini bentuk kepedulian pada alam. Peringatan air sedunia upaya untuk mengangkat dan membahas isu-isu dan informai tentang air sedunia. 

“Penekan betapa pentingnya menjaga kualitas dan kuantitas air untuk itu, kita dituntut agar lebih bijak di masa yang akan datang dalam merawat sumber daya air,” ujarnya.

Menurutnya, dinamika di wilayah Kota Tangsel secara cepat dan komplek tumbuh pembangunan di berbagai wilayah. Tentu memiliki tantangan dan tuntutan berbeda-beda. Kondisi seperti ini, memiliki keseriusan dan ketekunan dalam memberikan pelayanan masyarakat tentang sumber daya air terpadu dalam upaya konservasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat guna meningkatkan kualitas sumber daya air.

“Kini sudah memiliki capaian-capaian di bidang lingkungan, sistem draninase dan pemeliharaan tandon-tandon. Capaian ini bentuk keseriusan kota dalam membangun Tangsel berkenaan dengan sumberdaya air yang ada,” ucapnya.

Kata Wakil Walikota, beberapa tahun lalu Situ Gintung pernah memperlihatkan amarah kepada masyarakat sekitar sehingga merenggut banyak korban jiwa. Ini menjadi pelajaran berharga agar alam tidak murka, tentu air ini sebagai wasilah  atau perantara yang pasti ketetapan ada pada Allah SWT. 

“Kini melalui kota dan pemerintah Keluranan Cirendeu kami serius menangani keberadaan Situ Gintung. Kita yang pertama wajib mengelola Situ Gintung kendati kewenangan ada di pemerintah pusat terlebih saat ini sudah tidak ada lagi keramba-keramba. Mari pergunakan dan rawat dengan baik,” ajak Benyamin.

Hadiri Peringatan Hari Air Sedunia di Situ Gintung3

Sementara Sustainability Head PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang Mill Tbk holisul Fatikhin menyampaikan dukungan penuh dalam pemeliharaan konservasi lingkungan seperti danau, bantara kali situ-situ cukup besar. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pihaknya memberikan bantuan berupa tong sampah masing-masing satu pasang untuk organik anorganik.

"Indah Kiat mendukung berkaitan lingkungan terutama sumber air. Kita perlu sama-sama menjaga sumber air supaya masyarakat tidak membuang sampahnya baik disungai dan situ-situ,” katanya.

Bantuan tong sampah dipasang pada titik-titik yang kerap dilintasi masyarakat, sepanjang jalan ispeksi bantaran Situ Gintung. Adanya tong sampah secara tidak langsung mengajak masyarakat peduli dan malu terhadap diri sendiri saat membuang sampah sembarangan dan mencemari lingkungan situ. 

"Melalui kegiatan CSR memberikan tong sampah ditaruh disekitar situ agar masyarakat terbiasa membuang sampah saat jalan-jalan,” terangnya.

Pihaknya berharap acara peringatan hari air sedunia mampu mengingatkan kesadaran semua akan pentingnya kualitas air yang digunakan setiap hari. Saat air masih jernih untuk kebutuhan sehari-hari tak lagi harus sudah payah beli, maka kesadaran dalam menjaganya pun harus ditingkatkan. 

“Jika air yang ada di bawah bumi sudah tercemar atau langka, kemana kita harus mencarinya. Saat ini air melimpah ruah maka kita harus sadar diberikan kemudahan tentu tugas bersama bagaimana menjaganya agar tetap memiliki kualitas baik,” tandasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online