9 Pelaku yang Begal Dua Anggota TNI, Ngaku Baru Pertama Beraksi

9 Pelaku yang Begal Dua Anggota TNI, Ngaku Baru Pertama Beraksi

Detaktangsel.com KRIMINAL -- Fakta terbaru mengenai kasus pembegalan yang dilakukan sembilan orang pelaku terhadap dua anggota prajurit Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI-AD) di Kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Rupanya kawanan tersebut dikteahui baru pertama kali melancarkan aksinya.

Para pelaku melancarkan aksi pembegalan setelah dipicu dari beberapa rekan yang mempunyai ide tersebut.

Ridwan mengatakan komplotan tersebut bukanlah kawanan begal profesional. Para pelaku melakukan aksinya dengan spontanitas secara bersama-sama.

"Keterangan sampai saat ini mereka baru pertama kali melakukan hal ini, belum ada rekam jejaknya," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Soplanit dilansir Indozone, Selasa (10/5/2022).

"Ada pemicu dari beberapa teman yang bertugas melakukan ini dan mempunyai ide seperti itu tapi memang itu suatu spontanitas tapi ada juga yang punya ide dan sampai ada ide yang lain untuk melakukan hal bersama-sama secara kompak," katanya.

Apesnya para begal, mereka melancarkan aksinya terhadap dua orang prajurit TNI yang tengah melintas dan tidak mengenakan seragam.

Sebelumnya, dua prajurit TNI selesai berbelanja di Pasar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu, 7 Mei 2022 subuh dipepet oleh kawanan begal. Bak salah sasaran, dua prajurit TNI ini melawan balik dengan cara menendang satu motor pelaku.

Alhasil, satu pelaku terjatuh dan berhasil diamankan. Para pelaku lainnya sempat berhasil melarikan diri dan saat ini semua tersangka sudah berhasil ditangkap.

Polisi menyebut modus kawanan ini dengan cara berpura-pura meminta rokok kemudian melempar batu conblock ke arah korban. Tujuan mereka yakni mengambil sepeda motor milik korbannya.

Sebelumnya dua orang prajurit TNI AD dari kesatuan Yonarhanud 10/ABC Kodam Jaya berhasil menggagalkan aksi begal yang dilakukan sembilan orang di kawasan Pasar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (8/5/2022).

Sembilan pelaku begal tersebut diduga salah sasaran dengan menyerang dua prajurit TNI saat menuju perjalanan pulang ke Batalyon Arhanud 10/ABC Bintaro Jakarta Selatan, usai berbelanja di Pasar Kebayoran Baru.

Komandan Batalyon Arhanud 10/ABC Letkol Arh Syarief S.B dalam keterangannya, Minggu (8/5/2022), membenarkan kejadian yang dialami anggotanya.

"Anggota kami sepulang dari berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional menggunakan sepeda motor, ketika perjalanan pulang, ada beberapa orang yang berusaha menyerang, yang kemungkinan besar akan melakukan begal terhadap anggota kami, " jelas Syarief.

Syarief mengungkapkan, awalnya kejadian saat di sekitar SMPN 29 Jakarta Selatan, kala itu ada tiga pengendara sepeda motor sejumlah 9 orang yang diduga pelaku begal

Para begal ini mencoba menghentikan kendaraan sepeda motor yang ditumpangi Prada Junior Noval dan Prada Ardian Sapta Savela pada hari Sabtu (7/5/2022) sekira pukul 05.15 WIB usai membantu membeli kebutuhan pokok untuk dimasak di dapur untuk para prajurit yang lajang. Bahkan salah satu pelaku sempat melempar batu ke arah anggota Arhanud 10/ABC namun berhasil dihindari.

Mendapat serangan tanpa sebab, korban yang merupakan anggota TNI melakukan perlawanan dengan menendang salah satu motor pelaku yang memepet motor kedua prajurit tersebut hingga terjatuh.

Saat pelaku terjatuh dari motornya, kedua prajurit TNI AD tersebut berbalik melakukan perlawanan, satu orang pelaku berhasil diamankan, sedangkan pelaku lain berhasil melarikan diri. Diduga dalam melancarkan aksinya, sembilan pelaku begal tersebut dalam pengaruh minuman keras atau alkohol.

Komandan Batalyon Arhanud 10/ ABC Letkol Arh Syarief Syah Banjar mengapresiasi tindakan anak buahnya tersebut.

“Ini sebagai contoh dari tindakan yang memang sudah seharusnya dari prajurit TNI, menjaga keamanan warga masyarakat, termasuk dari tindakan aksi kriminalitas di jalanan.

"Semoga ini merupakan contoh yang baik, dan kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut melaporkan bila terjadi aksi kejahatan yang menimpa siapapun, " ujarnya.

Dirinya menyampaikan, salah seorang pelaku begal yang tertangkap tersebut berinisial MRH (22) warga Pesanggrahan, Bintaro, Jakarta Selatan dan telah diserahkan ke Polsek Kebayoran Baru guna mempertanggungjawabkan perbuatannya dan dilakukan proses hukum lebih lanjut. (Aip)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online