TIK Memudahkan Masyarakat Beraktivitas

Seminar Festival Jurnalistik Tangsel 2017 Seminar Festival Jurnalistik Tangsel 2017 Didy
detaktangsel.com SERPONG - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini tidak dapat dibendung. Saat ini TIK menjadi kebutuhan masyarakat. Meski demikian, perkembangan tersebut harus dilakukan secara positif. Sehingga masyarakat menjadi smart people dengan penggunaan teknologi.
Hal ini diungkapkan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat membuka diskusi pada Festival Jurnalistik Tangsel (FJT), Jumat (13/10/2017) di Rumah Makan Kampoeng Anggrek, Serpong.

"Internet memudahkan kita mendapatkan informasi, penyampaian aspirasi, silahturami, pendidikan, dan dunia usaha. Ada juga pengaruh negatif dengan pola perilaku, hoax bisa menyebar," ujar Airin.

Menurutnya, perkembangan teknologi di Indonesia cukup pesat, dan harus didukung dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak tertutup dengan teknologi. Dengan demikian SDM bisa memanfaatkan TIK secara positif. "SDM pun tidak boleh kalah berkembang, jangan sampe internet sudah 4G. Tapi kita belum 4G," tambah Airin.

Sementara Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Teguh Santosa mengatakan, TIK sangat memberikan pengaruh untuk masyarakat. Teknologi ICT bisa dengan mudah melakukan segalanya. Salah satunya adalah memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk melakukan pencitraan. Media Sosial bisa menaikan atau bahkan menurunkan citra seseorang atau kelompok dalam waktu cepat.

"Smartphone harus dilengkapi dengan smartpeople. Kalau penggunannya gak smart jadinya banyak informasi yang disebarkan melalui sosmed, web atau blog oleh orang dengan pengetahuan jurnalistik yang rendah," ujar Teguh.

Diketahui, kegiatan ini diadakan oleh PWI Tangsel, SMIS dan Pemkot Tangsel ini mengangkat tema Menyikapi Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Masyarakat.

Acara ini juga dihadiri oleh Yosep Adi Praseto (Ketua Dewan Pers), Lala M. Kolopaking (Staf Ahli Menteri Sosoal Ekonomi Budaya Kemkominfo RI), H. Margiono (Ketua Umum PWI), Teguh Santosa (Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia) dan Gusri Effendi (Penggiat Media Sosial) sebagai narasumber dalam forum diskusi ini.
Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online