Chef Edwin Jadi Juri di Lomba Cipta Menu

Lomba CIpta Menu tingkat Kota Tangsel. Lomba CIpta Menu tingkat Kota Tangsel. Rizki

detaktangsel.com SERPONG-Chef Edwin Law menjadi juri saat perlombaan cipta menu tingkat Kota Tangsel yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) pada Kamis (7/9/2017).

Kepala DKPPP Kota Tangsel Nur Slamet, lomba cipta menu ini sudah dilaksanakan di tujuh Kecamatan. Kemudian pemenangnya mewakili Kota Tangsel di tingka Provinsi Banten. "Tujuan dari lomba ini adalah untuk menciptakan panganan yang beragam seimbang, bergizi, dan aman dengan bahan dasar non beras," kata Nur Slamet.

Nantinya, sambung Nur Slamet para peserta dinilai tata cara penyajian, rasa original, bahan dasar dan lainnya. Masakan ini harus sesuai untuk keluarga. Dengan rasa yang enak nantinya menu ini bisa di masyarakatkan dan disenangi keluarga. "Menu ini harus merupakan inovasi baru. Sehingga mereka menciptakan menu yang memang belum pernah ada sebelumnya," ucapnya.

Sementara Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Kota Tangsel Suharno mengatakan, setiap individu membutuhkan pangan yang berkualitas untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif. "Konsumsi pangan yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari hari mengandung zat gizi lengkap dengan jumlah yang berlmbang antar kelompok pangan, serta memperhatikan cita rasa, daya cerna, daya terima dan daya beli masyarakat," jelasnya.

Pola konsumsi pangan sehat tersebut dikenal dengan istilah "Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman". Pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (BZSA) tersebut perlu disoslalisasikan sampai pada tingkatan terkecil dalam kelompok masyarakat, yaitu keluarga.

"Implementasi konsumsi pangan yang memenuhi prinsip BZSA dalam keluarga dilakukan melalui pemenuhan bahan pangan dan penyusunan menu. Dalam hal Ini, ibu yang bemeran sebagai penentu dan penyedia menu keluarga akan memegang peranan yang sangat panting tehadap kualitas konsumsi pangan keluarga," tandasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online