Print this page

Airin Ingatkan Berita Hoax di Media Sosial

Airin Ingatkan Berita Hoax di Media Sosial

detaktangsel.com SERPONG-Saat apel Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengingatkan bahaya berita hoax yang tersebar di media sosial (medsos).

Menurut Airin kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebhinekaan kita sedang diuji, saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam Bhineka Tunggal Ika. "Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini kemudian semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong," ungkap Airin pada Kamis (1/6/2017).

Untuk itu Airin mengajak kepada seluruh masyarakat untuk belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme, dan perang saudara. Khususnya generasi muda untuk lebih mengamalkan nilai – nilai pancasila didalam kehidupan sehari – sehari. "Kita harus bisa memahami dulu apa itu Pancasila dan nilai – nilai yang terkandung didalam Pancasila seperti apa, ideologi itu harus diterapkan untuk disampaikan," tutur Airin.

Selain itu, sambung Airin pemahaman Pancasila mengikuti perkembangan jaman. Sasarannya, dari usia dini harus mengenal Pancasila sebagai ideologi berbangsa. "Sebenarnya sudah dibahas dari empat tahun lalu, materi Pancasila dikemas sebagai kurikulum di sekolah. Nanti saya akan tanya dinas terkait sudah sejauh mana perkembangannya," ujarnya.

Kemudian, kata Airin apabila Pancasila sudah dikemas dalam bentuk materi, guru harus menyampaikannya secara menarik. Bisa melalui cara penyampaian yang menarik, atraktif dan bisa juga dengan alat peraga. "Jangan seperti dulu pendidikan moral pancasila (PMP) diberikan dengan cara yang membosankan. Nah, makanya kali ini harus dikemas secara kekinian," terangnya.