Tangsel Dijadikan Pilot Project Smart Village

Tangsel Dijadikan Pilot Project Smart Village

detaktangsel.com CIPUTAT TIMUR – Kota Tangsel dijadkan pilot project Smart Village oleh pemerintah pusat. Program ini merupakan salah satu program nawacita Presiden Jokowi dalam membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju dalam mewujudkan program Smart Village atau Desa Cerdas.

Program Smart Village atau Desa Cerdas adalah Program utama dari Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM). Program ini bertujuan untuk meningkatan literasi dan komunikasi rakyat agar tercipta masyarakat yang lebih cerdas dan maju.

Pada Kamis (26/1/2017), Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel dipilih sebagai salah satu pilot project untuk peresmian program Smart Village atau Desa Cerdas di Gedung Serba Guna Kelurahan Pondok Ranji.

Acara ini dihadiri oleh emat Menteri yaitu Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM), Prof. DR. M. Din Syamudin mengatakan bahwa kerjasama melalui kemanusiaan, kemajemukan, dan kebersamaan dijadikan model kerjasama Bhinneka Tunggal Ika. Ia menargetkan akan ada 30 unit desa cerdas akan dibangun di seluruh Indonesia pada tahun 2017 ini.

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan dalam sambutannya bahwa Kelurahan Pondok Ranji telah ditunjuk sebagai percontohan program Desa Cerdas. Oleh karena itu, Airin berharap aspek-aspek kehidupan yang ada di masyarakat dapat mencerminkan adanya prinsip cerdas, sehingga nantinya akan ada smart people, smart living, smart environment, smart economy, dan smart governance

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online