Kota Tangerang Selatan Terpilih menjadi Kota Peduli HAM

Kota Tangerang Selatan Terpilih menjadi Kota Peduli HAM

detaktangsel.com CIPUTAT -Mentri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, Yasonna Laoly memberikan penghargaan kepada Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany sebagai salah satu kota di Provinsi Banten yang peduli terhadap persoalan HAM.

Pasalnya, Airin di nilai mampu membina dan mengembangkan kota berpenduduk 1,4 juta jiwa dengan berbagai etnis di dalamnya ini menjadi sebuah kota yang peduli terhadap HAM.

Menteri Yasonna Laoly mengatakan, pemberian penghargaan kepada Pemkot Tangsel pada peringatan hari HAM sedunia ke-68 tahun 2016 oleh pemerintah, telah di canangkan dalam Peraturan Menkumham RI nomor 11 tahun 2013 tentang kriteria Kota/Kabupaten peduli HAM dan peraturan Menkumham nomor 25 tahun 2013 tentang perubahan Peraturan Menkumham nomor 11 tahun tahun 2013.

"Dalam permenkumham itu, ada beberapa kriteria penilaian yang ditetapkan, antara lain hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman dan hak atas perempuan," kata Mentri di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/12/2016).

Penganugerahan kota peduli HAM yang di berikan Menkumham Yasonna Laoly tersebut, langsung di apresiasi Walikota Airin Rachmi Diany. Ia pun mendedikasikan penganugerahan penghargaan tersebut untuk seluruh masyarakat Tangsel yang baru saja merayakan HUT ke delapan kota pemekaran tersebut.

"Ini menjadi motivasi kedepan untuk mewujudkan kota peduli akan hak asasi manusia terutama di Tangsel dan umumnya di Banten," tutur Airin.

Lebih lanjut Airin mengatakan, sebagai kota peduli akan HAM, masyarakat juga harus menumbuhkan rasa kesetaraan dengan semua pihak termasuk mereka yang memiliki keterbatasan secara phisik (Difabel). Sebab, Kota Tangsel masih banyak di temukan kaum Difabel yang membutuhkan bantuan sesama.

"Pada umumnya, kaum difabel memiliki kesetaraan yang sama dengan masyarakat lainnya. Di pusat pemerintahan (Puspem) juga di lengkapi sarana untuk kaum difabel," tandas Airin. (Hen)

Download attachments:
Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online