Pemberdayaan Masyarakat Jadi Fokus CSR PT IKPP Tangerang

Pemberdayaan Masyarakat Jadi Fokus CSR PT IKPP Tangerang

detaktangsel.com SERPONG UTARA-Untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif, coorporate social responsibility (CSR) PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tangerang Mill akan memfokuskan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini diketahui setelah forum dialog dan konsultasi publik PT IKPP Tangerang dengan masyarakat sekitar pabrik, Kamis (8/12/2016).

General Affair PT IKPP Tangerang Mill Suhartono Soemanto mengatakan, pemberdayaan masyarakat akan difokuskan dalam pemberian CSR. Tahun ini pemberdayaan masyarakat sudah berjalan. Di antaranya, pembesaran ternak lele, pelatihan pembuatan shopping bag, pelatihan kertas kokoru, penanaman pohon serta penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS.

"Kami kumpulkan masyarakat untuk bahan evaluasi kita juga. Apakah CSR kita efektif atau tidak," katanya saat ditemui di Aula PT IKPP Tangerang, Serpong Utara, Kota Tangsel.

Dipilihnya pemberdayaan masyarakat, sambung Suhartono untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Diharapkan, dengan digelarnya berbagai pelatihan terutama ibu rumah tangga membuat barang kreasi untuk dijual. "Seperti Kokoru dan shopping bag dapat dijual ke masyarakat. Uangnya hasil penjualan bisa jadi tambahan di dapur," ujarnya.

Sementara Ketua CSR Kota Tangsel Samson Ali Pane CSR PT IKPP Tangerang Mill sudah tersalurkan dengan baik. Bahkan, menerima penghargaan CSR Terbaik saat dari Pemkot Tangsel kategori perusahaan program CSR Bidang Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat.

"Artinya, CSR yang sudah disalurkan kepada masyarakat dari PT IKPP bisa meningkatkan ekomnomi masyarakat Kota Tangsel," terangnya.

Ke depannya, Pane berharap program CSR agar terus ditingkatkan. Agar ekonomi masyarakat semakin meningkat serta mengentaskan pengangguran di Kota Tangsel.

"Perusahaan lain harusnya mengikuti jejak program CSR seperti PT Indah Kiat," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Mathoda menambahkan, CSR pemberdayaan masyarakat akan melahirkan masyarakat yang memiliki skill atau kemampuan untuk mampu hidup mandiri dan bisa mengurangi beban ekonomi.

"Termasuk juga bantuan pendidikan berupa buku dan bea siswa yang sudah diberikan PT IKPP," tandasnya.

Download attachments:
Go to top

Copyright ¬© 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online