Barca Bekuk Roma 6-1, Kantongi Tiket 16 Besar

Lionel Messi Lionel Messi

detaktangsel.com MADRID - Barcelona berhasil membekuk AS Roma dengan skor telak 6-1 pada laga putaran kelima Liga Champions Eropa di Stadion Camp Nou, Rabu (25/11). Dengan keberhasilannya itu Barca mengantongi tiket untuk melenggang maju ke babak 16 besar dengan perolehan 13 poin, sementara AS Roma bertengger di posisi kedua dengan lima poin dibawah Barcelona menyisakan satu kesempatan bertanding.

Sebenarnya AS Roma memiliki banyak peluang, namun eksekusi penyelesaian dapat diantisipasi penjaga gawang Barcelona. Sundulan Edin Dzeko yang lolos dari perangkap offside pada menit 13.

Namun Barcelona berhasil membuka keunggulan ketikan Dani Alves yang lolos dari jebakan offside berhasil memberikan bola matang kepada Luis Suarez yang langsung menceploskan bola pada menit 15.

Tiga menit kemudian Luis Suarez menjadi aktor terciptanya gol kedua Barcelona yang dicetak Messi dari dalam kotak penalti AS Roma.

Luis Suarez membawa Barcelona menutup babak pertama dengan skor 3-0 lewat tendangan voli dari jarak 12 meter pada di menit 44.  

Tim Katalan menjauhkan skor menjadi 4-0 ketika Lionel Messi memberikan umpan pendek yang diselesaikan oleh Gerard Pique pada menit 56. Usai mencetak gol, Pique pun digantikan oleh Marc Bartra.

Messi menambah keunggulan timnya menjadi 5-0 lewat golnya yang memaksimalkan bola memanhtul hasil tendangan Luis Suarez pada menut 60.

Barcelona memperoleh hadiah penalti akibat pelanggaran Salih Ucan terhadap Neymar pada menit 77. Namun tendangan penalti Neymar berhasil ditepis kiper Roma kendati bola tersebut terlepas dan berhasil disontek Adriano untuk membawa Barcelona unggul 6-0.

AS Roma yang sudah tidak bersemangat mendapatkan hadiah penalti setelah Vermaelen menjatuhkan Dzeko di kotak terlarang. Namun eksekusi penalti Dzeko terlalu lemah sehangga mampu ditepis Ter Stegen.

Dzeko akhirnya berhasil mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mencetak gol hiburan untuk AS Roma lewat sundulannya di ujung laga babak kedua, demikian UEFA.

Messi Kembali

Barcelona akhirnya bisa menurunkan mega bintang, Lionel Messi, sebagai pemain starter. Messi kembali setelah absen dalam tujuh pertandingan akibat menderita cedera lutut, namun Messi sempat tampil sebagai pemain pengganti kala mengalahkan Real Madrid 4-0 pekan lalu.

Barcelona tidak melakukan banyak perubahan kendati skuat mereka menderita kelelahan setelah melakoni laga keras El Clasico pekan lalu.

Selain menurunkan Messi, tim Katalan memainkan Ter Stegen, Sergi Roberto, dan Vermaelen yang tampil untuk menggantikan Mascherano yang cedera.

Sebaliknya, AS Roma justru tidak akan diperkuat Mohamed Salah, Gervinho, Francesco Totti dan Kevin Strootman yang menderita cedera. Sementara kapten tim, Daniel De Rossi, duduk di bangku cadangan akibat kondisi yang kurang bugar.

Barcelona hanya memerlukan hasil imbang atas AS Roma jika ingin lolos ke babak 16 besar karena saat ini mengoleksi 10 poin, unggul lima poin atas AS Roma di peringkat kedua.

Masih Beruntung

AS Roma yang tak berdaya di hadapan Barcelona, lantaran terlalu hebatnya Barcelona, Maicon sampai menyebut Roma masih beruntung pulang dengan kekalahan 1-6.

Barcelona memang tampil dominan sepanjang pertandingan dan seolah mengajarkan Roma bagaimana caranya bermain sepak bola yang baik dan benar.

Roma sempat mengancam lewat strategi serangan balik di awal pertandingan, namun setelah itu mereka hanya jadi saksi kehebatan pola serangan Barcelona. Gol bagi Roma sendiri baru tercipta di pengujung pertandingan.

"Kami berusaha untuk menampilkan gaya permainan sepakbola kami namn kami tak mampu melakukannya."

"Kami sesungguhnya beruntung hanya kalah 1-6 di pertandingan ini," ucap Maicon seperti dikutip dari BBC Sport.

Memang, selain enam gol yang bersarang di gawang Roma, Barcelona masih memiliki sejumlah peluang emas lainnya di pertandingan tadi yang gagal berujung menjadi gol.

Satu keberuntungan lainnya bagi Roma adalah meski mereka dihajar dengan skor telak di Camp Nou, mereka belum kehilangan posisi kedua di bawah Barcelona.

Hal itu terjadi lantaran BATE Borisov dan Bayer Leverkusen bermain imbang 1-1. Dengan demikian, Roma masih berhak atas peringkat kedua lantaran unggul head to head melawan Leverkusen di saat kedua tim sama-sama mengantongi lima poin.

Di matchday terakhir, Roma pun dinaungi keberuntungan karena bakal menjamu BATE di Stadion Olimpico sedangkan di saat bersamaan Leverkusen harus menghadapi Barcelona.

Tetapi yang mesti diingat Roma adalah mereka kalah 2-3 di pertemuan pertama melawan BATE.

"Kami tak boleh lagi bermain seperti yang kami tunjukkan hari ini. Kami benar-benar tak berdaya dan tak melakukan apapun hari ini," kata Maicon menyesali. (Herry)

Susunan pemain kedua tim dilansir dari Football Italia:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Dani Alves, Piquè, Vermaelen, Jordi Alba; Sergi Roberto, Busquets, Rakitic; Messi, Suarez, Neymar
Cadangan : Bravo, Bartra, Adriano, Mathieu, Iniesta, Munir, Samper

Roma (4-3-3): Szczesny; Maicon, Manolas, Rudiger, Digne; Pjanic, Keita, Nainggolan; Florenzi, Dzeko, Iago Falque
Cadangan : De Sanctis, Castan, Torosidis, Vainqueur, De Rossi, Iturbe, Ucan

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top