Lolos di PDIP Memperbesar Peluang Airin Di Pilkada

detaktangsel.com SERPONG – Lolosnya Airin Rachmi Diany dalam seleksi Bakal Calon (Balon) Walikota di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dinilai keuntungan bagi incumbent. Dengan begitu, untuk memenangkan pilkada dengan menggunakan perahu PDIP semakin terbuka lebar. Meskipun Airin harus bersaing dengan dua kandidat kuat lain seperti Shaleh MT dan Arsid.

Terlebih, PDIP bisa menjadi partai yang sangat potensial untuk mewujudkan kemenangan Airin dalam pilkada, karena memiliki sembilan kursi di parlemen.

Hal ini dikatakan oleh Akademisi Tangsel Institute Rudy Gani, dibandingkan dua kandidat tersebut, Airin lebih memiliki motivasi besar untuk memenangkan perebutan perahu PDIP dalam pilkada mendatang.

"Jika melihat realita saat ini, PDIP merupakan partai penguasa di tingkat nasional. PDIP tentunya akan memainkan perannya dalam upaya kemenangan di Pilkada.

Katanya lagi, ada tradisi, bahwa PDIP akan memainkan peran untuk melumpuhkan lawan-lawan politiknya dengan posisi mereka yang sedang berkuasa saat ini," kata Rudy Gani, Selasa (10/06/).

"Misalkan, calon lawannya punya rekam jejak yang buruk karena pernah bermasalah dengan hukum, itu lah yang akan jadi makanan empuk PDIP," cetus Rudy Gani.

Rudy menilai, PDIP merupakan partai yang sangat solid. Baik di tingkat elit pusat maupun daerah. Meski pertarungan politik hanya di tingkat daerah, namun pengurus pusat tentu memiliki motivasi besar untuk kemenangan partainya.

"Pastinya Megawati beserta para petinggi PDIP ingin memerah-kan (menguasai,red) seluruh wilayah Indonesia dengan cara memenangkan pilkada," tambahnya.

Nah, jika melihat kondisi ini mau tidak mau Airin harus berjuang mati-matian untuk mendapatkan dukungan PDIP dalam pilkada mendatang.

Sebab, jika sampai Airin menjadi lawan politik PDIP, maka ini akan jadi momok bagi incumbent tersebut. Karena bisa saja, isu korupsi yang melekat pada diri Airin, akan menjadi bahan PDIP untuk melumpuhkan dominasi adik ipar mantan Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah tersebut.

"Saya memprediksi, Airin akan power full. Ini harga mati baginya. Karena PDIP itu bisa menjadi partai yang membawa kemenangan, sekaligus bisa membawa kekalahan bagi lawan politiknya," pungkasnya.

Sementara Sekretaris DPC PDIP Kota Tangsel Bambang Triyadi enggan menanggapi lebih jauh terkait manuver yang akan dilakukan dalam pilkada nanti. Menurut Bambang, partainya saat ini masih terus menjalin komunikasi dengan partai lain.

"Kita belum masuk ke ranah itu (manuver,red), karena kita saat ini masih berkonsentrasi untuk meloloskan pak Bayu (Tb Bayu Murdani,red) sebagai calon tunggal PDIP," ujarnya singkat.

« October 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Light Rain
29°C (29°C 22°C)

Go to top