Pemkot Tangsel Sabet Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

Kepala BLHD Tangsel, Rahmat Salam saat penyerahan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional di Jakarta Kepala BLHD Tangsel, Rahmat Salam saat penyerahan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional di Jakarta

detaktangsel.comJAKARTA - Kerja keras tidak sia-sia jika dilakukan dengan iklas dan serius dengan menghasilkan prestasi. Inilah yang dirasakan Pemkot Tangsel dan Tangerang yang mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat nasional. Torehan prestasi tersebut tentunya dari dukungan masyarakat.

Penghargaan diberikan langsung Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Gedung Manggala Wana Bhakti, Jl. Gatot Subroto Jakarta, Senin (22/12)

Adiwiyata merupakan salah satu penghargaan lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Penerimanya adalah sekolah-sekolah di Indonesia yang dinilai berbudaya lingkungan. Bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Di 2014, penghargaan sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional ini diberikan kepada tiga sekolah di Kota Tangsel yakni SMP dan SMA pembangunan Jaya serta SMA N 4.

Dengan mendapatkan penghargaan tersebut, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel Rahmat Salam merasa bersyukur. Namun, perjuangan tidak berakhir di adiwiyata nasional. Setelah, ini pihaknya bersama pengelola sekolah untuk bersama berjuang merebut penghargaan adiwiyata mandiri. Penghargaan Adiwiyata mandiri ini merupakan penghargaan yang diberikan langsung oleh presiden RI.

"Yang pasti pembinaan di sekolah akan lebih dintensifkan untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekolah," katanya.

Menurutnya, penghargaan tersebut jadi motivasi untuk memperoleh penghargaan tertinggi. Untuk itu, pihaknya dengan SKPD lain seperti dinas kesehatan maupun DKPP memberikan masukan agar sekolah lebih baik dalam penilaiannya.

"Untuk nilai adiwiyata mandiri yang akan kami kejar. Kekurangan akan kami perbaiki semaksimal mungkin," ujar mantan sekretaris DPRD itu.

menurutnya penghargaan ini juga merupakan motivasi bagi seluruh sekolah agar dapat mewujudkan sekolah yang bersih, indah dan nyaman. Sekolah adiwiyata terus dilakukan secara berkesinambungan. Apalagi program ini sangat menunjang terwujudnya kota layak huni. Membangun sekolah bersih merupakan sarana yang efektif dan tepat sasaran apalagi anak didik merupakan kader dan generasi yang bisa diharapkan untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini.

"Saya harap guru, anak didik dan orang tua untuk terlibat langsung dalam kebersihan," ujarnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online