Belasan Mahasiswi Teriakan Gerakan Sadar Emansipasi Wanita

detakserang.com - SERANG, Belasan mahasiswi yang menamakan diri mereka Gerakan Perempuan Banten (GPB) membuat lingkaran di perempatan Ciceri Kota Serang. Mereka gelar aksi damai mengajak masyarakat, terutama kaum perempuan untuk sadar tentang arti emansipasi tanpa ada penyelewengan dan diskriminasi terhadap perempuan.

Aksi unjuk rasa kali ini menyusul peringatan momentum Hari Lahir Raden Ajeng (RA) Kartini, tokoh perempuan yang menjunjung tinggi nasib kaumnya dan berperan penting dalam hal emansipasi wanita.

Dalam orasi, para mahasiswi menilai, momentum tersebut menjadi titik tolak seluruh lapisan masyarakat guna tetap dapat menghargai jasa jasa, keinginan, dan pemikirin RA Kartini

"Kartini sebagai Ikon emansipasi perempuan dalam bidang pendidikan. Tapi apakah itu hanya sebuah sejarah dan jadi sebuah catatan usang dalam buku sejarah perjuangan perempuan Indonesia, mengingat banyak hak-hak perempuan yang terabaikan!" seru mereka.

Mereka juga menyuarakan tentang banyak kaum perempuan yang melupakan kewajiban setelah mendapatkan haknya. Di mana ini juga bisa dikatakan bertolak belakang dengan arti emansipasi itu sendiri. Terlebih para kaum ibu yang duduk di kursi parlemen dan tidak bisa mengimplementasikan apa yang harus dialakukan untuk masyarakat.

Selain berorasi, para massa juga membagikan lembar agitasi mereka kepada para pengendara mobil dan motor yang melintas di perempatan jalan itu. Aksi ini berjalan damai, dan para masa membubarkan diri setelahnya tanpa membuat kerusuhan.

« August 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top