Ino S. Rawinta:Sesuai Arahan BNPB Untuk Waspada

Pusat tsunami di Chili Pusat tsunami di Chili

detakserang.com- SERANG, Peringatan dini yang dikeluarkan Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) oleh BMKG, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC).

"Kita piket di kantor pusdalops (pusat kendali operasi) dan TRC disiapkan malam ini," ungkap Ino S. Rawinta, Kepala BPBD Banten, Rabu (02/04).

Selain menurunkan Reaksi TRC, lanjut Ino, Pihak BPBD Banten juga langsung mengirimkan informasi tersebut kepada Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah yang saat ini dalam tahanan KPK. Tanpa terkecuali seluruh pimpinan BPBD di 8 kabupaten/kota di Banten.

"Setelah kita menerima informasi dari BNPB, langsung dilaporkan ke Ibu Gubernur, Pak wagub, dan Pak Sekda. Kemudian di sms pula ke seluruh kepala BPBD se-Banten," terangnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, BPBD Banten juga memperingatkan para wisatawan di seluruh tempat wisata yang ada di Banten. Tanpa terkecuali aparat keamanan dan kepala desa setempat di koordinasikan oleh BPBD Banten.

" Kami juga berkordinasi dengan Karo Operasional Polda Banten, Brimob, Korem dan Danramil serta seluruh kepala desa yang berada di wilayah pantai selatan, isinya sesuai arahan BNPB untuk waspada terutama untuk para wisatawan," terang Ino.

Diketahui, Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB-) menyebutkan sekitar 115 lokasi di kabupaten/kota dari 19 provinsi di Indonesia akan berpotensi terjadi tsunami.

Tinggi potensi tsunami 0-0,5 meter. Waktu kedatangan tsunami pada Kamis (3/4) pukul 05.11 wib hingga 19.44 Wib. Status peringatan adalah WASPADA. Daerah pesisir seperti Provinsi Papua Kota Jayapura, Jayapura, Sarmi, Waropen, Biak Numfor, dan Supiori diperkirakan akan berpotensi terjadi tsunami pada pukul 05.11 hingga 05.51 Wib.

Demikian pula daerah lain seperti di Malut, Maluku, Papua Barat, Banten, Jatim, DIY, Jateng,Jabar, Lampung, NTB, NTT, Bali, Sulawesi dan Kaltim juga berpotensi tsunami dengan tinggi 0-0,5 meter dengan waktu bervariasi. (Alie/mamo)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online