Print this page

Banten Waspada Tsunami Besok Masyarakat Dihimbau Tenang

Banten Waspada Tsunami Besok Masyarakat Dihimbau Tenang

detakserang.com- TAKTAKAN, Badan Meteologi, Klimatologi Dan Geofisika Banten mengeluarkan status waspada.

Ini menyusul informasi resmi dari BMKG Pusat tentang adanya gempa bumi berkekuatan 8.0 Skala Richter (SR) terjadi di lepas pantai Chili-Amerika Selatan pada tanggal 2 April 2014 Pukul 06:46:48 WIB yang berLokasi di 19.61 LS - 70.83 BB dengan kedalaman 10 Km dan berpotensi terjadinya Tsunami sampai di wilayah Indonesia.

Di Banten sendiri beberapa wilayah yang berpotensi terkena 'ampas' gelmbang dari Amerika itu adalah Pandeglang, Lebak, Serang Barat, dan Pulau Shangiang Cilegon.

"Gelombangakan sampai pada esok hari tepatnya pukul 07.24 di Pandeglang bagian Selatan, Lebak jam 08.18, kemudian Pandeglang Bagian Utara 09.36, disusul Serang bagian Barat jam 11.01, dan Kota Cilegon pulau Shangiang jam 15.09." Ungkap Staf BMKG Banten Maksum Purwan saat ditemui detakserang.com malam ini (3/4).

Meski terdengar menakutkan, namun Maksum memastikan gelombang yang datang tidak lebih dari satu meter. Melainkan separuhnya. Untuk itu kepada masyarakat dirinya menghimbau agar tetap tenang, dan menjalankan aktifitas seperti biasanya karena status ini baru di level waspada. Namun tetap sebagai antisipasi dia menyarankan agar seementara ini menjauhi wilayah pantai.(Wan)