Petani Dikabupaten Serang Panen Padi Organik

detakserang.com - SERANG, Dinas Pertanian Kehutanan Perkebunan dan Peternakan Kabupaten di dampingi Wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menghadiri acara panen padi organik jenis Inpago di Kampung Cikutu, Desa Rancasangal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Rabu (2/4).

Acara panen ini diselanggarakan oleh Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina), dihadiri oleh Yani Herdiyani, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Serang Budi Mulyono, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Serang Sri Budi Prihasto, dan Camat Cinangka Babay.

Pada kesempatan itu juga para dinas terkait mendemonstrasikan teknologi mikroba Google yang terbaru untuk buah pepaya dan jambu batu. Kemudian di demontrasikan juga untuk ikan lele, nila, dan gurame agar bisa jauh lebih baik kualitasnya.Teknologi ini juga bisa menggunakan air meski pun air ini tidak mengalalir.

Wakil Bupati Serang, Tatu berterima kasih kepada Maporina yang diwakili Prof Alighumashar yang telah memprakarsai tanaman padi organik ini di Kabupaten Serang.

"Masyarakat Kabupaten Serang kebanyakan mayoritas petani, dan di daerah pontang lebih banyak lagi masyarakat yang penghidupannya dari bercocok tanam," ungkap Tatu

Tatu juga menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir jika sawah mereka kekurangan air pada saat musim kemarau, "padi inpago ini bisa tumbuh tanpa harus ada air,".

Prof Aligumashar, selaku pemilik dan pengelola kawasan pertanian organik mengatakan, "padi Inpago merupakan pagi gogo yang tidak harus ditanam menggunakan air banyak dan tahan wereng," tuturnya

Aligumashar juga menambahkan Kali ini per hektare padinya bisa menghasilkan 6 ton. "Ini juga karena terkena wereng jadi hasil pertanian menurun,".

"Sebelum pakai pupuk organik hanya 1 hektar per ton. Pupuk organik Ini bisa menghidupkan tanah dan tanaman produktif, ini menjadikan Banten jadi lumbung pangan bera," tuturnya.

Kedepannya diharapkan muda-mudahan bisa mengembangkan pertanian di Banten ini dan menjadi pusat pelatihan agribisnis," ujarnya. (Fir)

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Cuaca

No cities match your search query

Go to top