Material Perbaikan Jalan Tidak Sesuai Spesifikasi

Material Perbaikan Jalan Tidak Sesuai Spesifikasi

detakserang.com- SERANG, Bahan material perbaikan jalan penghubung Kecamatan Walantaka-Cipocok Jaya, Kota Serang, diduga kuat tidak sesuai spesifikasi. Dalam perbaikan tersebut tidak terpasang papan proyek yang dapat menjelaskan berapa besar anggaran untuk memperbaiki jalan tersebut.

 

Hingga saat ini, Senin (17/3), sepanjang 30,94 kilometer jalan di Kota Serang dalam kondisi rusak. 9,34 kilometer di antaranya masuk kategori rusak berat.

Adapun data jalan rusak itu berdasarkan kondisi jalan Kota Serang 2012 pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Dalam data tersebut, sepanjang 64,28 kilometer jalan dalam kondisi sedang dan 112,839 kilometer dalam kondisi baik. Total jalan di Kota Serang sendiri sepanjang 208.159 kilometer.

Pemerintah melalui pengawas diminta jeli dan teliti dalam menjalankan tugasnya agar pelaksanaan perbaikan fasilitas jalan tersebut tidak menimbulkan kerugian negara. Hal ini juga diharapkan perbaikan jalan dapat lebih dimaksimalkan, bukan hanya untuk menghambur-hamburkan anggaran APBD.

Warga Tegal Sari, Kecamatan Walantaka, Rudin (40) merasa kesal jalan yang baru diaspal mulai rusak lagi. Padahal belum lama diaspal.
Ditenggarai bahan meterial tidak sesuai spesifikasi. Pasalnya, batu yang digunakan banyak mengandung tanah. Akibatnya bisa mengurangi kualitas jalan.

Proyek perbaikan jalan itu juga tanpa plang yang bisa memberikan penjelasan ringkas tentang pelaksanaan pekerjaan di lapangan.
Menurut warga, hampir setiap tiga bulan sekali jalan penghubung Walantaka-Cipocok Jaya dilakukan perbaikan. Namun, perbaikan itu hanya dalam bentuk tambal sulam.

"Kalau tambal sulam, sudah pasti akan cepat rusak. Apalagi kalau ditambal tidak dilakukan pembersihan area yang akan ditambal. Misalnya, dikeruk dan diangkat dahulu material lamanya," ujar Sulaiman, warga kampung Lipatik.

Sulaiman juga menambahkan harus ada yang mengawasi pelaksanaan di lapangan dalam menjalankan tugasnya. Sehingga fasilitas jalan yang bersumber dari uang negara itu mendatangkan manfaat yang lebih maksimal bagi warga.(fir)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online