TPS Di Perumahan Ciceri Dibakar

TPS) di Perumahan Ceceri Kota Serang (5/3) TPS) di Perumahan Ceceri Kota Serang (5/3)

detakserang.com- CICERI, Puluhan massa membakar tempat pemungutan suara (TPS) di Perumahan Ceceri Kota Serang. Mereka mengacaukan proses kelangsungan penyoblosan. Aparat keamanan pun melakukan perlawanan.

Suasana itu terungkap dalam simulasi pelaksanaan pemilihan calon anggota legislatif (pileg), 9 April 2014. Situasi mulai ramai saat masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan caleg.

Petugas TPS digambarkan telah berada di tempat masing-masing dan Kamtibmas disiagakan untuk pengamanan selama berlangsungnya hari pencoblosan.

Aman dan tertib berubah seketika saat puluhan masa yang diduga pendukung salah satu partai politik tidak menginginkan berlangsungnya pencoblosan. Puluhan massa mempersenjatai diri dengan balok kayu dan bensin mulai anarkis saat dihadang petugas keamanan TPS.

Merasa aksinya dihadang, puluhan massa mengobrak-abrik TPS serta membakar bilik suara untuk memusnakan kertas suara. Petugas TPS serta petugas keamanan dengan cepat menghubungi aparat kepolisian serta petugas pemadam kebakaran.

Selang beberapa menit, 2 tim petugas pemadam kebakaran serta aparat kepolisian datang,. Mereka mengamankan dan menyeterilkan lokasi TPS.

"Itu hanya sebagai gambaran dalam simulasi pengamanan pemilu mendatang," ujar Nanang Kabit Linmas Satpol PP Provinsi Banten.

Dalam simulasi ini, katanya, dilibatkan 50 petugas kamtibmas beserta aparatur Pemerintah Kelurahan se-Kota Serang. Selain simulasi, juga bagaimana cara mengamankan TPS. Peserta simulasi juga diajarkan bagaimana cara mengendalikan suasana bila terjadi keributan.

Simulasi yang berlangsung di area Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, juga melibatkan petugas Damkar Kota Serang. (mow)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online