Diterpa Isu Kenaikan Harga, Penjualan Gas 12 Kg Turun

Diterpa Isu Kenaikan Harga, Penjualan Gas 12 Kg Turun

detakserang.com- SERANG - Pemerintah berencana akan menaikkan harga gas, Juli mendatang. Kabar itu langsung memukul pengusaha gas.

Bagian Pemasaran PT Singandaru, perusahaan suplier gas di Banten, Faturohman mengatakan jumlah konsumen yang memakai gas 12 kg berkurang sejak beberapa hari ini. Pengurangan konsumen ini diperkirakan akibat akan adanya rencana kenaikan harga gas 12 kg. Dengan adanya penurunan ini, ia menuturkan, omzet yang didapat menjadi menurun dari biasanya.

Sebelum ada isu kenaikan harga, penjualan mampu mencapai 100 tabung per hari. Gara-gara isu kenaikan, penjualan berkurang hanya 70 tabung.

Artinya, menurut dia, ada penurunan jumlah konsumen sebanyak 30 persen akibat rencana kenaikan ini. Keluhan tentang turunnya jumlah konsumen gas 12 kg tidak hanya terjadi di Kota Serang dan Kabupaten Serang. Di Kota Cilegon pun juga terjadi penurunan konsumen meski persentasenya berbeda dari Serang.

Faturohman menyatakan, semula konsumen gas 12 kg adalah rumah tangga. Selanjutnya kalangan industri, rumah makan, dan lainnya. Setelah adanya rencana kenaikan ini, jumlah konsumen rumah tangga berkurang.

"Mereka berpindah dari gas 12 kg ke gas 3 kg," katanya.

Ia berharap pemerintah membatalkan rencana kenaikan gas elpiji. Kalau penjualan terus menurun akan  PHK. (new)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online